Jokowi Luncurkan Mobil Pedesaan

Tidak ada komentar 46 views

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES) atau mobil pedesaan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang dihelat di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Jokowi sempat mencoba duduk di kursi pemumpang. Ketika ditanya awak media bagaimana rasanya setelah duduk di dalam mobil itu.

“Kalau duduk saja ya enak. Yang penting produktivitasnya,” kata Jokowi.

Mobil pedesaan bentuknya serupa truk yang kecil, ada bak di bagian belakang. Mobil pedesaan diwarnai dengan merah putih. Mobil ini dilengkapi dengan spesifikasi teknis khusus agar dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal.
Dengan akses yang lebih bagus, akan menstimulus kegiatan ekonomi di wilayah tersebut sehingga mengurangi ketimpangan antara desa dan kota.
Ammdes dirancang dengan fungsi multiguna, tidak hanya untuk alat transportasi membawa hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, tetapi juga bisa sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

Ammdes dilengkapi dengan spesifikasi teknis khusus agar dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal. Dengan akses yang lebih bagus, akan menstimulus kegiatan ekonomi di wilayah tersebut sehingga mengurangi ketimpangan antara desa dan kota.

Selain dampak positif di bidang ekonomi, program Ammdes juga membuka peluang bagi pelaku industri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan (R&D), terutama rancang bangun dan teknologi desain.(dtc/ziz)

Tag: