D-ONENEWS.COM

Kabar Baik, Jemaah Kembali Diijinkan Cium Hajar Aswad dan Sholat di Hijir Ismail

Makkah (DOC) – Presiden Kepala Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi mengumumkan rencana untuk membuka kembali kegiatan ibadah shalat di Hijir Ismail dan kegiatan mencium Hajar Aswad.

Panitia telah selesai merumuskan rencana lebih lanjut agar kedua hal tersebut berlangsung dalam suasana aman dan tenang. Demikian dilaporkan Saudi Gazette.

Untuk diketahui Hijir Ismail adalah daerah berbentuk bulan sabit yang berdekatan dengan Kaabah.

Hijir Ismail adalah tempat Nabi Ibrahim A.S membangun tempat berlindung untuk putranya, Nabi Ismail A.S dan istrinya, Siti Hajar. Area sekitar tiga meter di sebelah tembok di sisi Hijrah Ismail sebenarnya merupakan bagian dari Ka’bah.

Sholat di kawasan Hijir Ismail bersifat khusyuk ketika menunaikan ibadah haji atau umroh dan selalu menjadi fokus para jamaah yang datang ke tanah suci.

Sedangkan Hajar Aswad yang terletak di sudut selatan Ka’bah merupakan batu yang menjadi titik awal dan titik akhir penanda jamaah yang mengelilingi ka’bah.

Tahun lalu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan bahwa ada opsi pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk memesan janji untuk slot cium Hajar Aswad, menyentuh Pojok Yaman (Al-Rukn Al-Yamaani) dan sholat di Hijr Ismail.

Namun, pernyataan itu dicabut tak lama kemudian karena situasi pandemi belum stabil. Sholat Hijir Ismail dan tradisi mencium Hajar Aswad dihilangkan sejak Juli 2020 akibat merebaknya virus Covid-19.

Loading...