D-ONENEWS.COM

Keberangkatan Jemaah Umrah Dihentikan Sementara, Ini Sebabnya

Jakarta (DOC) – Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk menghentikan sementara keberangkatan jemaah umrah. Ini merupakan evaluasi dari kondisi perkembangan corona terutama omicron saat ini.

“Pertama, kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus omicron makin berkembang di beberapa negara termasuk Indonesia dan Arab Saudi. Jemaah umrah akan diberangkatkan sampai tanggal 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah Hilman Latief, dilansir dari Kumparan, Senin (17/1).

Hilman mengatakan, 1.731 jemaah umrah pertama diberangkatkan tanggal 8 Januari 2022 dan akan kembali ke Indonesia tanggal 17 Januari 2022. Tim akan melihat ada atau tidaknya jemaah yang terpapar omicron.

“Kemenag terus berkoordinasi dengan Kementerian terkait, seperti Kemenkes dan lainnya untuk menyiapkan skenario-skenario lebih lanjut dan semuanya bukan otoritas penuh Kemenag. Kemenag sifatnya memberikan masukan, sama seperti Kementerian lainnya,” jelas dia.

“Kami hanya mendorong PPIU untuk lebih slow mengirim jemaah, jangan terlalu banyak, jangan dilakukan secara dadakan dan kami akan segera mengumumkan hasil evaluasi. Sekali lagi bahwa mekanisme buka tutup ini dilakukan seiring perkembangan omicron di Indonesia dan Arab Saudi,” ucap Hilman. (kmp)

Loading...