D-ONENEWS.COM

Komisi B Dukung Piala Dunia U-20 Untuk Dongkrak Perekonomian Warga

Surabaya,(DOC) – Komisi B DPRD Kota Surabaya berharap event Piala Dunia U-20 bisa terselenggara di Surabaya sebagai salah satu venue.

Mengingat dengan penyelenggaraan event international di stadion Gelora Bung Tomo (GBT), maka roda perekonomian di Surabaya akan ikut terdongkrak.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Lutfiyah, Senin(10/2/2020).

Menurut politisi partai Gerindra, pada event itu, Pemkot diminta untuk menyediakan lahan bagi para pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UKM untuk berjualan disekitar lokasi pertandingan.

Kemasan bisa dibuat seperti bazzar konvensional yang mengakomodir pengusaha kecil menengah.

“Event Piala Dunia U-20 moment bagi UMKM,” katanya.

Apabila PKL dan UKM diberi space untuk berjualan selama Piala Dunia 2021, maka produk-produk lokal bisa dikenal ditingkat international.

“Kemasannya mungkin bisa dibuat menarik dan modern. Kan nanti calon pembelinya dari luar negeri,” tambahnya.

Ia menambahkan, jumlah PKL dan Pelaku UMKM di Surabaya sekitar 10 ribuan lebih. Mereka bisa diberdayakan oleh Pemkot Surabaya untuk mengenalkan produk Suroboyo Asli lewat aktivitas berjualan, terutama souvenir dan handycraft. Asalkan keberadaan mereka tak mengganggu akses jalan para tamu-tamu asing.

“Jika perlu setiap stand tersedia souvenir asli Surabaya. Ditulisi juga Surabaya-Indonesia, biar dikenal,” tandasnya.

Lutfiyah menyarankan untuk mendata warga yang memiliki kemampuan berbahasa asing untuk menjadi guide atau transleter bagi para tamu-tamu asing yang hendak berbelanja di bazaar PKL dan UMKM. Hal ini merupakan peluang pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh Pemkot Surabaya untuk mendongkrak perekonomian warganya. Disekitar stadion GBT juga harus tersedia money changer agar tamu asing bisa bertransaksi dengan uang rupiah.

“Bisa bekerjasama dengan Bank Indonesia atau money changer lain. Mumpung masih setahun lagi Piala Dunianya. Space area nya juga harus dipikirkan di stadion GBT,” pungkasnya.(robby/adv)

Loading...

baca juga