D-ONENEWS.COM

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah Menjadi 34 Jiwa, 16 Orang Dilaporkan Hilang

Lumajang,(DOC) – Korban meninggal yang terdampak letusan Gunung Semeru terus bertambah. Kini korban tewas menjadi 34 orang.

“Saat ini jumlah korban meninggal sebanyak 34 orang dan 16 orang masih dalam pencarian,” Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Surabaya I Wayan Suyatna di Posko Lapangan Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa(7/12/2021).

Dia menjelaskan, Operasi pencarian terus dilakukan oleh empat tim dilakukan beberapa titik Curah Koboan, Dusun Kampung Renteng, dan lokasi penambangan pasir.

“Korban banyak ditemukan tertimbun material abu vulkanik dan awan panas guguran, namun ada juga yang ditemukan di dalam reruntuhan rumah,” ujar I Wayan Suyatna.

Menurutnya, kendala tim operasi selama ini dalam melakukan pencarian adalah faktor cuaca, uaca seperti angin kencang dan hujan deras, serta aktivitas Semeru seperti awan panas guguran dan abu vulkanik

“Saat ini cuaca cukup cerah untuk melakukan pencarian korban erupsi Gunung Semeru,” terang I Wayan Suyatna.

Sementara data terkini di Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru ada 2.970 unit rumah terdampak, 13 fasilitas umum terdampak, jembatan Gladak perak yang menghubungkan antara Lumajang-Malang putus.(imam)

Loading...

baca juga