KPU Lumajang Segera Buka Lelang Ribuan Kotak Suara

Lumajang,(DOC) – Ribuan kotak suara alumunium yang digunakan pemilihan umum (pemilu), dalam waktu dekat akan dilelang untuk dihapus. Pasalnya untuk pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang akan menggunakan kotak suara dari bahan kardus yang transparan bukan lagi kotak suara dari alumunium. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Lumajang  Siti Mudawiyah, SE.

Siti Mudawiyah, SE menjelaskan, pihak KPU Lumajang telah menerima surat dari sekretaris jendral KPU RI, bernomor 449 tentang penghapusan penjualan secara lelang perlengkapan pemungutan suara berupa kotak suara berbahan aluminium.

“Kita sudah menerima surat dari KPU RI terkait penghapusan logistik pemilihan dalam persiapan  pemilu 2019,” jelasnya ketika dikonfirmasi via telpon, Selasa(9/10/2018).

Siti Mudawiyah menambahkan, tadi siang KPU sendiri sudah melakukan persiapan penghapusan kota suara berbahan alumunium di gudang logistik yang ditempatkan di  di Lapangan Futsal Amanda.

“Kami telah melaksanakan giat persiapan pemusnahan kotak suara berbahan almunium dan bilik suara yang rusak yang disaksikan oleh Bawaslu, Kepolisian dan unsur Kodim 0821 Lumajang,” Ujarnya.

KPU Lumajang sendiri selain mengeluarkan isi kotak juga memasukan dalam karung yang terpisah antara surat dan formulir.

“Nantinya kotak suara dan bilik suara yang rusak tersebut akan ditimbang dan dilelang melalui proses lelang ke kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) di Malang,” tutur Siti Mudawiyah.(mam/r7)