LANTIK TIGA ANGGOTA KPU KABUPATEN/ KOTA PAW, KETUA KPU JATIM HARAP TERLANTIK SEGERA SESUAIKAN DIRI

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito Lantik Anggota KPU PAW Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo dan Kota Surabaya

Surabaya, kpujatim.go.id- Lantik tiga (3) orang anggota KPU Kabupaten/ Kota Penggantian Antar Waktu (PAW), Ketua KPU Jawa Timur (KPU Jatim), Eko Sasmito berharap kepada ketiganya untuk segera menyesuaikan diri di satuan kerjanya masing-masing. Pelantikan dilakukan di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1 Surabaya, jam 10 pagi, hari ini (Kamis, 23/8).

Tiga orang terlantik yakni, H. Mustofa dari KPU Kabupaten Tulungagung, M. Arwan Hamidi dari KPU Kabupaten Ponorogo, serta Muhammad Cholid Asyadullah dari KPU Kota Surabaya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Ketua KPU Jatim, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, penandatanganan Berita Acara sumpah, kata-kata pelantikan, pemberian petikan surat Keputusan KPU Jatim, pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan terlantik, penandatanganan Pakta Integritas, serta sambutan Ketua KPU Jatim.

Ketua KPU Jatim dalam sambutannya memberikan ucapan selamat dan menyampaikan bahwa ada beberapa perubahan yang terjadi terkait dengan anggota KPU di Jawa Timur. “Ada beberapa Kawan yang mengundurkan diri karena mengikuti proses rekrutmen Bawasprov, Calon Legislatif dan yang berhalangan tetap (meninggal-red). Sehingga secepat mungkin butuh dilakukan proses PAW,” jelasnya (23/8/2018).

Berikutnya menurut Eko, tahapan ini sudah berjalan. Tahapan Pilgub telah selesai dilaksanakan, sudah diserahkan ke DPRD dan telah dimintakan proses pelantikannya ke Presiden. Tetapi untuk Kabupaten/ Kota, tinggal Sampang yang belum clear. “Konsentrasi Kita sekarang adalah melaksanakan tahapan-tahapan Pileg dan Pilpres. Tahapan krusial kemarin yang telah Kita lakukan adalah tahapan penetapan DPT tingkat Kabupaten/ Kota. Selanjutnya nanti Kita juga akan melakukan penetapan DPRD tingkat Provinsi. Dan ini juga merupakan tahapan-tahapan yang harus Kita selesaikan,” terang mantan Anggota KPU Kota Surabaya ini.

Eko mengimbuhkan, jika para terlantik ini masuk pada wilayah-wilayah yang tahapannya sudah berjalan. Kemarin sudah selesai tahapan Pencalegan, dan sudah clear semua, lalu saat ini masuk pada wilayah perbaikan. Selain itu juga akan masuk pada proses kampanye dan pemungutan. “Sehingga Saya mengharap kepada Kawan-kawan ini agar bisa cepat menyesuaikan diri. Serta mari Kita laksanakan semua proses ini sesuai dengan perundang-undangan yang ada,” tutur Ketua KPU Jatim.

Usai sambutan, acara diakhiri dengan pembacaan do’a dari rohaniawan, pada jam setengah 12 siang.

Pelantikan ini dihadiri pula oleh Anggota dan Sekretaris KPU Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Ponorogo dan Kota Surabaya.

(AACS)

KPU Jatim