D-ONENEWS.COM

Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom di Beirut Lebanon, Ribuan Orang jadi Korban

Beirut (DOC) – Ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) waktu setempat. Ledakan ini meratakan pelabuhan kota, merusak gedung-gedung di seluruh ibu kota dan membuat awan jamur raksasa ke langit.

Hingga pagi ini waktu Indonesia Barat, dilaporkan lebih dari 70 orang tewas dan 3.000 luka-luka, dengan jenazah yang terkubur di reruntuhan, kata para pejabat.

Ledakan itu menghantam dengan kekuatan gempa magnitudo 3,5 menurut pusat geosains Jerman GFZ. Ledakan didengar dan dirasakan sejauh Siprus lebih dari 200 kilometer (180 mil) melintasi Mediterania.

Menteri Dalam Negeri Lebanon mengatakan tampaknya ada sejumlah besar amonium nitrat di pelabuhan yang meledak.

Kehancuran mendadak membanjiri sebuah negara yang sudah berjuang dengan pandemi virus corona, krisis ekonomi, dan keuangan yang parah.

Selama berjam-jam setelah ledakan yang paling merusak dalam semua sejarah Lebanon, ambulans bergegas masuk dari seluruh negeri untuk menggotong yang terluka. Rumah sakit dipenuhi para korban, mereka meminta pasokan darah dan generator untuk menyalakan lampu.

Untuk blok di sekitar pelabuhan, di mana ledakan terjadi, warga berlumuran darah terhuyung-huyung melalui jalan-jalan yang dipenuhi dengan mobil terbalik dan puing-puing dari bangunan yang hancur.

Jendela dan pintu-pintu ditemukan terlepas beberapa kilometer jauhnya, termasuk di satu-satunya bandara internasional kota itu. Helikopter militer membantu mengatasi kebakaran yang berkobar di pelabuhan Beirut.

Diwartakan AP News, Menteri Dalam Negeri Mohammed Fahmi mengatakan kepada sebuah stasiun TV lokal, ledakan itu disebabkan oleh lebih dari 2.700 ton amonium nitrat yang telah disimpan di sebuah gudang di dermaga sejak disita dari sebuah kapal kargo pada tahun 2014.

Saksi melihat awan oranye, yang mirip dengan ketika gas nitrogen dioksida beracun dilepaskan setelah ledakan yang melibatkan nitrat.

Video menunjukkan apa yang tampaknya merupakan kebakaran yang terjadi di dekat situ sebelumnya, dan stasiun TV lokal melaporkan, kebakaran itu terjadi di gudang kembang api.

Api tampaknya menyebar ke bangunan terdekat, memicu ledakan yang lebih besar, mengirimkan awan jamur dan menghasilkan gelombang kejut.

Charbel Haj, yang bekerja di pelabuhan, mengatakan ledakan itu dimulai sebagai ledakan kecil seperti petasan. Lalu, katanya, dia terlempar jauh.

Ledakan itu terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militer Hizbullah di perbatasan selatan Lebanon.

Banyak warga melaporkan mendengar pesawat di atas kepala tepat sebelum ledakan, memicu desas-desus tentang serangan, meskipun sering terjadi serangan berlebihan oleh militer Israel.

Seorang pejabat pemerintah Israel mengatakan Israel “tidak ada hubungannya” dengan ledakan itu. Dia berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk membahas masalah ini dengan media berita.

Para pejabat Israel biasanya tidak mengomentari “laporan asing.” Pemerintah Israel menawarkan bantuan darurat melalui perantara internasional.

Presiden Donald Trump mengatakan AS “siap membantu Lebanon,” dan Sekretaris Negara AS Mike Pompeo menyampaikan “belasungkawa terdalamnya”.

“Tim kami di Beirut telah melaporkan kepada saya kerusakan parah di sebuah kota dan orang-orang yang saya sayangi, sebuah tantangan tambahan di masa krisis yang sudah dalam,” kata Pompeo dalam sebuah pernyataan tertulis.

Ledakan itu mengejutkan bahkan untuk sebuah kota yang telah menyaksikan perang saudara 15 tahun, pemboman bunuh diri, pemboman oleh Israel dan pembunuhan politik.

“Itu adalah pertunjukan horor yang nyata. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sejak zaman perang (sipil), “kata Marwan Ramadan, yang berjarak sekitar 500 meter dari pelabuhan dan terlempar karena kekuatan ledakan.

Menteri Kesehatan Hassan Hamad mengatakan ledakan menyebabkan lebih dari 70 orang meninggal dunia dan 3.000 orang terluka. Dia menambahkan, rumah sakit hampir tidak dapat mengatasi dan tawaran bantuan mengalir dari negara-negara tetangga Lebanon.

Gubernur Beirut, Marwan Abboud, menangis saat dia berkeliling lokasi ledakan sambil berseru, “Beirut adalah kota yang hancur.” Perdana Menteri Hassan Diab bersumpah bahwa “mereka yang bertanggung jawab akan membayar.”

Pada awal konferensi pers Gedung Putih tentang virus corona, Trump mengatakan ledakan itu “tampak seperti serangan yang mengerikan.” Ketika ditanya oleh seorang reporter apakah dia yakin itu adalah serangan, Trump berkata: “Saya bertemu dengan beberapa jenderal besar dan mereka sepertinya merasa itu adalah serangan.”

Akan tetapi, salah satu pakar bom Israel, Boaz Hayoun, mengatakan kembang api bisa menjadi faktor pemicu ledakan besar.

“Sebelum ledakan besar … di tengah-tengah api, Anda dapat melihat percikan api, Anda dapat mendengar suara seperti popcorn dan Anda juga mendengar suara seperti peluit,” kata Hayoun, pemilik Tamar Group, yang bekerja sama erat dengan pemerintah Israel pada masalah keselamatan dan sertifikasi yang melibatkan bahan peledak.

“Ini adalah perilaku kembang api yang sangat spesifik.”

Beberapa dari mereka yang terluka tergeletak di tanah di pelabuhan, menurut staf Associated Press, yang berada di tempat kejadian. Seorang pejabat pertahanan sipil mengatakan masih ada jenazah di dalam pelabuhan dan banyak di bawah puing-puing.(tir)

Loading...