D-ONENEWS.COM

Menko Marves dan Menkes di Dampingi Gibran Keliling Solo, Beri Apresiasi Penanganan Covid-19

Pasar Klewer Solo Solo,(DOC) – Rangkaian kunjungan Menko Marves sekaligus Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin di dampingi Wali Kota Gibran Rakabuming meninjau Pasar Klewer untuk mengecek kondisi pasar terkait ketertiban para pedagang menerapkan protokol kesehatan (Prokes) , Kamis(5/8/2021) siang.

“Nggih, Bapak. Terima kasih juga PPKM ini pasar boleh buka (dengan ketentuan)” tanggap para pedagang.

Para pedagang nampak antusias dengan kunjungan para Menteri beserta Wali Kota Gibran yang menyaoa dengan ramah. “Ini Mas Gibran lho!,” ujar para pedagang diiringi dengan lambaian tangan dan disambut anggukan Gibran

Usai berkeliling, Luhut berpesan percepatan vaksinasi, “Nggih, matur nuwun Mas Gibran. Nanti akhir bulan saya ke sini lagi,” ungkap Menko Merves.

Kunjungan di pasar Klewer Solo ini merupakan lokasi terakhir yang dipantau oleh Menko Marves dan Menkes RI.

Sebelum rombongan Menteri ini mengunjungi Asrama Haji Donohudan yang digunakan sebagai tempat isolasi terpusat dan rumah sakit darurat Covid-19.

Lokasi pembangunan rumah sakit darurat  Covid-19 yang masih 95 persen menjadi jujugan pertama para rombongan Menteri ini. Kemudian mereka berkeliling rumah sakit berlantai 3 untuk meninjau ruang-ruang perawatan pasien Covid-19 dan melihat isotank smart gas dan penampungan liquid oksigen berkapasitas 2 ton.

“Very good, terima kasih,” ucap Luhut Menteri Koordinator, Kemaritiman dan Investasi (Menko-Marves) mengapresiasi Pemkot Solo dalam penanganan Covid-19.

Menko Luhut juga berpesan untuk daerah-daerah di luar Solo agar terus menggenjot vaksinasi,  “Harus dikejar ketertinggalannya dari Mas Gibran(Solo),” tambahnya.

Usai meninjau Asrama Haji Donohudan, Kunker Menko Luhut Binsar Pandjaitan beserta rombongan dilanjutkan menyambangi SMAN 1 Solo atau lokasi vaksinasi siswa 12 tahun keatas.

Rombongan menyaksikan ruang registrasi, screening dan penyuntikan, sekaligu berbincang dengan dokter TNI yang bertugas melakukan penyuntikan vaksinasi. “Kami 1 orang bisa menyuntik 100-200 orang tiap hari, Bapak. Yang kami gunakan adalah vaksin Sinovac,” ujar petugas medis kepada Menko Luhut dan Gibran.

Mereka juga menyapa para siswa-siswi yang sedang menunggu selama 15 menit usai penyuntikan, “Takut nggak? Ada yang matematikanya 9 atau 10 saya kasih hadiah nih,” ujar Luhut kepada para siswa.

Kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Solo, dra. Hj. Harminingsih, M.Pd, Luhut menghimbau apabila ada pelajar yang positif maka segera untuk dilakukan tracing,

“Kalau ada yang positif siswanya, nanti keluarganya di-tracing dan dihimbau untuk melakukan isolasi terpusat. Saya lihat walikota agresif untuk menangani hal ini,” kata Luhut kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Solo, dra Hj. Harminingsih, M.Pd.

Seperti diketahui, Pemkot Solo sebelumnya telah memulai vaksinasi bagi 500 pelajar SMP-SMA sejak Rabu (4/8/2021) lalu terpusat di SMAN 3 Solo. Pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Solo pun menargetkan dengan jumlah yang sama per hari, “500 siswa-siswi sehari, semoga semuanya lulus screening,” ujar Herminingsih.

Sementara itu, Gibran menyampaikan bahwa kunjungan Luhut Binsar, Budi Gunadi beserta rombongan adalah dorongan untuk mempercepat sasaran vaksinasi.

“Ya, beliau menyampaikan untuk lebih mempercepat vaksin. Alhamdulillah ini angka Covid sudah menurun, ke sini (Klewer) untuk mengecek prokesnya seperti apa. Apabila sudah tertib prokes, nanti akan dipertimbangkan mungkin mall bisa segera dibuka,” jelas Gibran.(jj/r7)

Loading...

baca juga