D-ONENEWS.COM

Kerjasama Dengan BJB, Pemkot Gelar Lokal Festival Untuk Kembangkan UMKM

Solo,(DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menjalin kerjasama dengan Bank Jawa Barat (BJB) untuk membantu dan mengembangkan UMKM di Kota Surakarta dalam pembinaan dan permodalan. Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menandatangani MOU atau Nota Kesepahaman untuk kerjasama pemanfaatan produk, jasa dan layanan perbankkan Bank BJB, disaksikan, Kepala Bank Indonesia Nugroho Joko Prastowo, Kepala OJK Eko Yunianto, Selasa(21/9/2021) kemarin, di ballroom Hotel Swiss Bell In Gilingan Surakarta.

Walikota Gibran pada kesempatan tersebut, memberikan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan Bank BJB dalam memberikan dukungan dan bantuan untuk UMKM di Kota Surakarta. “Luar biasa kontribusinya untuk teman – teman UMKM di Solo. Karena kita sudah turun ke level 3, otomatis harus mulai memikirkan bagaimana mengawali percepatan pemulihan ekonomi. Seluruh UMKM di Kota Surakarta benar – benar menjadi concern utama kami, Pemerintah Kota Surakarta,” tandas Gibran.

Menurut Gibran, UMKM yang berada di sektor non esensial selama PPKM sempat terpuruk dan kini sudah saatnya untuk bangkit kembali. Bantuan juga sudah diberikan oleh pengusaha – pengusaha untuk memperbaiki kondisi kesehatan UMKM sehingga ekonomi Indonesia terutama UMKM di Kota Surakarta akan semakin membaik. Harapannya UMKM Kota Surakarta bisa survive dan sustain lebih lama lagi.

“Dengan adanya acara Bank BJB pada hari ini (21/9) UMKM di Kota Solo bisa naik kelas juga. Tadi saya lihat transaksi juga sudah bisa melakukan transaksi Q- RIS yang memudahkan transaksi untuk transaction record dan catatan cash flow,” terang Gibran.

Sementara, Yuddy Renaldi mengungkapkan, pihaknya mendukung langkah Pemerintah Kota Surakarta dalam pemberdayaan UMKM di Kota Surakarta. “Tadi kita sudah saksikan beberapa UMKM binaan Bank BJB khususnya. Sudah banyak perkembangan – perkembangan pemberdayaan Bank BJB di Surakarta. Kami sangat menghargai diberi kepercayaan untuk hadir di Kota Surakarta sejak 2012,” ucapnya.

Peran serta bank BJB, lanjut Yuddy selalu diapresiasi dalam bentuk sinergi di Kota Surakarta khususnya dan Walikota hadir memberikan rasa percaya diri Bank BJB untuk bisa terus memberdayakan UMKM yang ada di Kota Surakarta.

Sekedar informasi, bank BJB sudah melayani di 14 provinsi dengan 2.700 jaringan. Kota Surakarta memberikan nilai sangat berarti bagi Bank BJB di dalam pencapaian Bank BJB sebagai salah satu bank pembangunan daerah terbesar di Indonesia selain sebagai bank umum nasional yang berada pada peringkat 14.

“Kehadiran Bapak Walikota Gibran memberikan warna yang jauh lebih baik dalam memberdayakan UMKM di Kota Surakarta,” pungkas Yuddy.

Pada kegiatan Solo Local Festival yang melibatkan UMKM Kota Surakarta binaan Bank BJB, Bank pembangunan daerah Jawa Barat tersebut menyerahkan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) Bank BJB untuk UMKM Di Kota Surakarta dari nominal Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta.

BJB pun memberikan bantuan secara simbolis 10.000 paket Covid Kit untuk pelajar di Kota Surakarta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Surakarta Nugroho JP pada kesempatan tersebut juga melakukan pemindaian secara simbolis serta menyerahkan barcode pada perwakilan UMKM.(jj/r7)

Loading...

baca juga