Meski Tertinggal 2 Gol, Belgia Pulangkan Jepang

Tidak ada komentar 61 views

Samara, (DOC) – Timnas Belgia lolos dari lubang jarum untuk melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Bersua Timnas Jepang di Rostov Arena, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB, mereka berhasil menang dengan skor 3-2.

Kemenangan diraih Belgia secara dramatis. Mereka sempat tertinggal 2 gol melalui aksi Genki Haraguchi dan Takashi Inui. Kemudian, Belgia menyamakan kedudukan lewat Jan Vertonghen dan Marouane Fellaini sebelum gol penentu kemenangan diciptakan Nacer Chadli pada menit terakhir injury time.

Dengan hasil ini, Belgia akan bersua Brasil, yang menyingkirkan Meksiko, di babak perempat final. Duel kedua tim bakal berlangsung pada Sabtu (7/7) dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, Timnas Belgia menerapkan formasi andalan di fase grup, yakni 3-4-2-1. Mereka masih mengandalkan nama-nama seperti Romelu Lukaku, Dries Mertens, Eden Hazard Kevin De Bruyne, Jan Vertonghen, serta Vincent Kompany di dalam skuat mereka.

Sementara itu, Timnas Jepang turun dengan formasi yang lebih seimbang. Menerapkan formasi 4-2-3-1, mereka mengandalkan Yuya Osako, Shinji Kagawa, Takashi Inui, Makoto Hasebe, serta Maya Yoshida. Ada juga sosok Yuto Nagatomo di skuat Jepang pada laga ini.

Sepanjang 15 menit babak pertama, pertandingan berjalan imbang bagi kedua tim. Jepang, yang secara materi pemain kalah dibandingkan Belgia, mampu memberikan perlawanan yang apik. Tanpa ragu, mereka menekan para pemain Belgia yang menguasai bola, terutama ketika bola dipegang Hazard dan De Bruyne, atau ketika bola masih berada di pertahanan Belgia.

Kurun yang sama, para pemain Jepang terlihat nyaman dalam menguasai bola. Menghadapi para pemain Belgia yang berteknik tinggi, mereka apik dalam mengalirkan bola. Menghadapi Jepang yang seperti ini, Belgia sedikit kesulitan. Sampai laga berjalan 30 menit, mereka gagal membobol gawang Jepang.

Belgia sudah melakukan semuanya dengan benar. Mereka juga menekan dan beberapa kali melancarkan serangan cepat ke lini pertahanan Jepang. Namun, penghamburan Belgia terhadap peluang membuat skor 0-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Belgia masih menjaga intensitas tekanan mereka ke pertahanan Jepang. Namun, garis pertahanan yang sedikit lebih tinggi memberikan petaka. Dua kejadian serangan balik, tepatnya pada menit ke-48 dan ke-52, membuat mereka tertinggal dari Jepang.

Yang pertama, bola panjang sodoran Gaku Shibasaki sukses dimanfaatkan oleh Genki Haraguchi untuk menjebol gawang Thibaut Courtois. Yang kedua terjadi saat Inui membobol gawang Courtois lewat sepakan jarak jauh. Jepang unggul 2-0 atas Belgia.

Tertinggal dua angka, Belgia meningkatkan intensitas serangan mereka. Untuk menambah variasi serangan, Belgia memasukkan Nacer Chadli dan Marouane Fellaini. Berkat masuknya Fellaini, opsi serangan dari bola atas termanfaatkan dengan baik dan hal ini tampak dari dua gol penyama kedudukan yang dicetak Belgia.

Pertama terjadi pada menit ke-69. Meski terkesan spekulatif, disertai adanya kesalahan dari kiper Eiji Kawashima, Vertonghen sukses menyundul bola masuk ke dalam gawang. Pada menit ke-74, Fellaini sukses menyundul bola masuk gawang dengan memanfaatkan umpan Hazard. Kedudukan berubah imbang 2-2.
Di sisa waktu 10 menit babak kedua, Belgia dan Jepang silih berganti melakukan serangan.

Pada menit terakhir injury time, Belgia menentukan kemenangan mereka. Lewat sebuah proses serangan balik cepat, Thomas Meunier menerobos lini pertahanan Jepang, kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola diteruskan Chadil untuk mencetak gol.

Skor 3-2 menutup laga ini. Begia pun meneruskan langkah mereka di Piala Dunia 2018. Sebaliknya, Jepang terhenti dan melanjutkan tren minor mereka yang tidak pernah lolos ke babak perempat final Piala Dunia.