D-ONENEWS.COM

Musim Kemarau, DBMP Optimalkan Normalisasi Saluran

Foto : ilustrasi

Surabaya,(DOC) – Normalisasi saluran air terus di optimalkan oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DBMP) kota Surabaya selama musim kemarau. Bangunan liar yang berdiri diatas saluran juga dibersihkan untuk mengantisipasi banjir yang dikhawatirkan terjadi saat musim hujan tiba.
Beberapa hari lalu, ratusan lapak milik pedagang kayu bekas disepanjang jalan Dupak telah ditertibkan. Para pedagang yang telah berjualan diatas saluran selama bertahun – tahun, diduga salah satu penyebab terjadinya banjir diwilayah tersebut.
Kabid Pematusan DBMP kota Surabaya, Samsul Hariyadi mengatakan, pasca penertiban pedagang kayu bekas, pihaknya telah menambah kapasitas pompa air dan melakukan normalisasi saluran.
“Disekitar jalan Dupak, jalan Semarang sekitarnya masih ada genangan air, ini karena salurannya masih terhambat disalurkan tepi jalan Dupak karena tertutup oleh kayu-kayu pedagang kayu. Selama ini sulit dibersihkan, kecuali dengan cara manual langsung diangkut dengan tenaga manusia, dan itu sangat kurang maksimal,” ucap Samsul, Senin(7/8/2017)
Dengan penertiban yang telah dilakukan oleh Satpol PP, maka normalisasi saluran bisa dikerjakan dengan menggunakan alat berat. Sekaligus menambah kapasitasnya agar dapat menampung air lebih banyak lagi.
“Para pedagang sudah pindah, jadi sekarang kita sudah mulai normalisasi saluran tepi sisi utara jalan Dupak. Kita tambahi lagi kapasitas salurannya supaya bisa menampung aliran air disekitar jalan yang selama ini tergenang. Kapasitas pompa juga sudah dimaksimalkan dan ditambah otomatis suplai air ke pompa juga bertambah,” terangnya.
Selama ini kapasitas pompa yang terpasang disekitar jalan Dupak, hanya 1.5 meter kubik perdetik. Kini daya tampungnya sudah ditingkatkan 2 kali lipat menjadi 3 meter kubik perdetik.
“Itu untuk satu pompa, disana kita pasang tiga sampai empat pompa yang kapasitasnya sama. Selanjutnya kita akan melakukan normalisasi saluran di seluruh kota Surabaya,” pungkasnya.(rob)

Loading...

baca juga