D-ONENEWS.COM

Omset Penjualan Tembus 1,1 Trilyun, Target Solo Great Sale Terlampaui

SGS 2021 1-31 OktoberSolo,(DOC) – Solo Great Sale yang digelar mulai 1-31 Oktober berakhir dengan omset penjualan sebesar Rp. 1.161.765.651.336,- atau 1,1 triliun Rupiah dengan total tenan 22.273 dari target 20.000. Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta, Gareng S. Haryanto selaku penyelenggara mengatakan sangat bersyukur, SGS mampu memenuhi bahkan melebihi target yang ditetapkan yakni Rp. 800 miliar.

Hal tersebut disampaikan Gareng saat memberikan laporan penyelenggaraan SGS pada Penutupan SGS 2021, Minggu (31/10/2021) Bengawan Solo Park, Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Teguh Prakosa, Kanjeng Ratu Pakubuwono XIII, Komisaris PLN Eko Sulistyo, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo, Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono, Kepala Bank Indonesia Surakarta Nugroho Joko Prastowo, Ketua OJK Surakarta Eko Yulianto dan para anggota Forkopimda Kota Surakarta serta segenap pengurus Kadin Surakarta.

Menurut Gareng, target SGS sempat diragukan namun dengan kerja keras semua pihak terkait dari Pemerintah Kota Surakarta, Kadin Surakarta didukung penuh Bank Indonesia, OJK dan para pihak terkait terutama para tenant dan masyarakat pembeli target tercapai dengan hasil signifikan. “Harapannya Solo semakin melompat lebih jauh. Sehingga pemulihan ekonomi di Surakarta dan Jawa Tengah pada umumnya semua bisa berjalan dengan baik dan sukses,” kata Gareng.

Walikota Gibran, senada juga menilai Solo Great Sale 2021 terbilang luar biasa. Walaupun di tengah Pandemi Covid 19, antusiasme warga masyarakat untuk berkegiatan ekonomi sangat besar sekali. “Kami sangat optimis sekali proses pemulihan ekonomi bisa kita kejar. Memang harus kita genjot jika kita ingin ekonomi kita pulih,” terang Gibran.

Sementara, Ganjar Pranowo yang sejak pergelaran Solo Great Sale pertama digelar selalu hadir, menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan SGS 2021 yang walaupun di tengah situasi sulit Pandemi Covid 19, semua pihak terkait mendukung pemulihan ekonomi salah satunya dengan SGS dengan tujuan bertahan secara ekonomi.

“Saya bangga dengan target yang terlampaui ini. Menghadapi situasi yang tidak mudah ini, Solo mampu bergerak cepat dalam pemulihan ekonomi,” katanya.

Diterangkannya bagaimana semua elemen dan masyarakat tidak putus asa dan tetap kuat dengan kerja keras Pemerintah Kota Surakarta bersama Kadin, Kementerian, BUMN target bisa diraih bahkan melebihi. 

Pembuktian pemulihan ekonomi Kota Surakarta berlangsung dengan baik dengan selalu tersedia jalan apabila mau bekerja keras. Dengan gotong royong, bekerja sama, inovasi dan kreasi, menurut Gubernur Ganjar percepatan ekonomi bisa diperoleh dan Solo Great Sale mampu membuktikan. 

Banyak pihak merasa skeptis apakah SGS bisa tercapai targetnya di tengah keterbatasan ekonomi masyarakat. Ternyata di luar perkiraan, semangat pemulihan ekonomi yang selalu digaungkan Walikota Gibran dan semua pihak terkait mampu mendorong transaksi melebihi ekspektasi.

“Kita sudah ciptakan momentum, studi tirunya sudah ada. Hari ini kita semua bekerja keras bersama menggenjot vaksinasi supaya cepat selesai. Sampai akhir tahun kita harus kencang dalam penyelesaian vaksinasi,” terangnya.

Gubernur berharap, segera ada pola baru menggenjot ekonomi dengan cara kreatif dan inovatif membuat ekosistem bisnis baru sehingga di awal 2022, Indonesia bisa berlari sekencang- kencangnya. 

Ditambahkannya, Indonesia mendapatkan kepercayaan dunia dengan dinilai sebagai negara dengan vaksinasi tercepat dan terbaik dengan pengelolaan yang baik. Pada peta Covid 19, Indonesia berada pada level 1 kelas dunia. 

Di akhir arahannya, ganjar mengajak untuk terus berjuang, berikhtiar, bekerja sama,saling tolong menolong. “Mudah – mudahan setelah Solo Great Sale 2021, kita tetap membantu masyarakat UMKM, pengusaha menengah dan besar. Covid belum selesai, epidemiologi sudah menyampaikan untuk hati – hati gelombang ketiga Covid 19 dengan Aplikasi Peduli Lindungi, segera di vaksin dan protokol kesehatan terus dilakukan,” pungkas Ganjar Pranowo.

Kegiatan penutupan SGS 2021 diramaikan dengan Peresmian Pelanggan Premium PLN, Lomba Burung Perkutut Tingkat Nasional dan Bursa mobil antik.(jj/r7)

Loading...

baca juga