PASTIKAN KEVALIDAN DATA, KETUA KPU JATIM SUPERVISI PENETAPAN DPT KPU KOTA MADIUN

Madiun, kpujatim.go.id- Dalam rangka memastikan kevalidan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019, Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Eko Sasmito melakukan supervisi rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir dan penetapan DPT KPU Kota Madiun. Supervisi dilakukan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP Akhir dan Penetapan DPT Pemilu Tahun 2019 (Selas, 21/8).

Menurut Ketua KPU Jatim, validasi data pemilih ini sangat penting. “Karena banyak persoalan yang ditemui pada validasi data pemilih di setiap pemilihan,” ujar Eko dalam sambutannya.

Eko melanjutkan, “Dari pemilu ke pemilu, DPT selalu menjadi bagian yang dipertanyakan. Tapi bagi KPU, proses-proses yang berjalan ini sudah banyak mengalami kemajuan dan perubahan”.

Berikutnya menurut Eko, validasi data DPT menjadi semakin penting karena menyangkut hak konstitusional. “Hak konstitusional baik bagi mereka yang berhak memilih maupun yang tidak. Bagi yang berhak tidak boleh ada penafikan-penafikan hak mereka untuk memilih. Tetapi kemudian juga tidak boleh menetapkan yang tidak punya hak pilih menjadi pemilih. Misalnya, masih di bawah 17 tahun, atau yang berstatus sebagai TNI/ Polri. Ini seringkali tidak menjadi perhatian Kita,” papar Ketua KPU Jatim.

Terakhir dalam sambutannya, Ketua KPU Jatim ini berharap data DPT Kota Madiun benar-benar valid, karena menurutnya tingkat partisipasi pemilih berbanding lurus dengan kevalidan data DPT.

Hadir pula dalam rapat pleno terbuka ini selain Ketua KPU Jatim, yakni Anggota Bawaslu Jatim, Ikhwanudin Alfianto serta Komisioner KPU Kota Madiun.

(AACS/EKA)

KPU Jatim