D-ONENEWS.COM

Pemerintah Salurkan BLT ke Ribuan Warga Kecamatan Tempeh

Lumajang,(DOC) – Pemerintah Kabupaten mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kecamatan Tempeh. Total ada 1.290 penerima dengan BLT DBHCHT yang dikucurkan sebesar Rp1.935.000.000.

“Saya langsung memantau pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat petani tembakau dan buruh pabrik tembakau di Kecamatan Tempeh, hari ini kita menyalurkan 1,9 miliar masing-masing mendapatkan 1,5 juta rupiah,” ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq usai menyerahkan BLT DBHCHT di Desa Kaliwungu, Tempeh, Selasa (29/11/2022).

Bupati menjelaskan bahwa proses penyaluran BLT DBHCHT tersebut melalui BNI. Masyarakat langsung dibukakan buku rekening tabungan BNI agar bantuan lebih tepat sasaran dan tepat jumlah.

“Ini program pemerintah untuk stabilitas inflasi, masyarakat mendapat bantuan, daya belinya naik, tadi ada yang mau dibelikan beras, dibelikan sayur, ikan, supaya tetap perputaran uang sekaligus juga penambahan gizi bagi masyarakat,” terangnya.

Wakil Bupati Lumajang menambahkan bahwa pada kesempatan kali ini, pemerintah menyalurkan kepada 1290 penerima di Kecamatan Tempeh yang diserahkan 2 tahap, pagi hari kepada 600 penerima dan 690 penerima pada siang hari untuk mengantisipasi membludaknya proses penyerahan BLT DBHCHT tersebut.

“Dari DBHCHT, per KK mendapatkan 300 ribu per bulan, ini 5 selama bulan,” jelas Bunda Indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dewi Susianti menjelaskan bahwa total ada 7043 penerima BLT DBHCHT di Lumajang yang terdiri dari 5.158 petani tembakau dan buruh pabrik tembakau serta 1.885 penerima dari Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Total ada 7043 penerima dengan besaran BLT DBHCHT yang disalurkan sebesar 10.564.500.000 rupiah,” jelasnya.(imam)

Loading...

baca juga