D-ONENEWS.COM

Pemkab Lumajang Raih Nirwasita Tantra Award 2016

Lumajang,(DOC) – Penghargaan demi penghargaan tingkat nasional terus diraih oleh Kabupaten Lumajang. Kali ini, Kabupaten Lumajang menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award tahun 2016. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, DR. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag saat Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia (World Environmet Days) Tingkat Nasional Tahun 2016 yang mengambil tema “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan” di halaman Istana Kabupaten Siak, Indrapura, Provinsi Riau, Jum’at (22/7/2016) lalu.
Nirwasita Tantra Award merupakan penghargaan tertinggi bidang Lingkungan Hidup (LH) yang diberikan pemerintah pusat kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan gunamemperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.
Kabupaten Lumajang menempati urutan keempat peraih penghargaan tersebut untuk tingkat Kabupaten dengan urutan pertama Kabupaten Buleleng, kedua Kabupaten Dharmasraya, dan ketiga Kabupaten Bandung sebagai nomine nasional. Sementara untuk tingkat Kota, peringkat pertama adalah Kota Surabaya, disusul peringkat kedua oleh Kota Balikpapan.
Bupati As’at menuturkan, bahwa keberhasilan meraih penghargaan ini dikarenakan pihaknya selalu mengutamakan pendekatan partisipatoris dan kultural. “Kami tidak memaksakan pikiran kami kepada masyarakat, tapi masyarakat kita ajak bicara dan ikut dilibatkan dalam pengambilan kebijakan. Aspirasi masyarakat selalu kami perhatikan dan dikawal, termasuk persoalan lingkungan hidup,” pungkasnya.
Salah satu contoh upaya partisipatoris adalah program penanaman pohon, karena bermanfaat bagi masyarakat, serta aksi bersih “Sapu Gunung” yang juga dilakukan untuk setiap tahunnya untuk menjaga lingkungan tetap lestari. Hasilnya, sejak 2010, Jatim rajin meraih prestasi penanaman pohon dalam Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon.
“Untuk menyukseskan pembangunan lingkungan hidup, kami melakukan segala upaya. Mulai membentuk kelompok kerja tingkat kabupaten, sosialisasi program dan kegiatan melaui SKPD terkait, dan mobilisasi segenap sumber daya, serta mengajak organisasi masyarakat, instansi/lembaga, lembaga pendidikan dan TNI/Polri, hingga menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menanam tanaman kehutanan/tahunan guna mendukung pendapatan dan lingkungan, itulah bentuk upaya partisipatoris kami,” ujarnya.(imam/r7)

Loading...