D-ONENEWS.COM

Pendaftaran KPPS Ditutup, Diseleksi Sampai 19 Maret

Lumajang,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menutup pendaftaran Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilu 2019.

“Hari ini terakhir pendaftaran. Kita belum bisa mengetahui apakah per TPS kebutuhan anggota KPPSnya sudah terpenuhi apa belum,” kata Komisioner KPU Lumajang, Divisi Partipasi Masyarakat dan SDM Ridho Mujib.

Jika terjadi kekurangan kebutuhan anggota KPPS tersebut, KPU Lumajang akan berkoordinasi dengan lembaga pendidikan, lembaga profesi atau komunitas peduli pemilu untuk memenuhi kebutuhan KPPS yang kutang di beberapa TPS yang kurang.

“Aturan di PKPU maupun keputusan KPU akan berkoordinasi dengan lembaga pendidikan atau komunitas peduli pemilu untuk memenuhi KPPS yang berkurang,” ujar Ridho.

Total kebutuhan anggota KPPS di 3.281 TPS yang tersebar di 205 desa se-Kabupaten Lumajang. “Nanti masingg-masing di setiap TPS ada 7 orang yang tersebar di 205 Desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ridho menjelaskan, penelitian administrasi akan dilaksanakan 13-19 Maret 2019, sedangkan pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Maret 2019.

“Pengambilan sumpah ketua KPPS tanggal 10 April 2019 yang dilaksanakan oleh PPS di masing-masing Kecamatan atau kelurahan atas nama KPU Lumajang,” Imbuhnya.

Persyaratan pendaftaran calon anggota KPPS diantaranya Warga Negara Indonesia, usia palingg rendah 17 tahun.

“Punya intergitas, pribadi yang kuat,jujur dan adil, serta pendidikan terakhir SMA/SLTA,” Pungkas Ridho.(imam/r7)

 

Loading...