D-ONENEWS.COM

Perbaiki Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, 4 Pekerja Tewas Keracunan Gas

Semarang (DOC) – Sedikitnya 4 pekerja doking kapal PT Kodja Bahari tewas saat memperbaiki tongkang “Zulkifli 2” di dok perkapalan Kodja Bahari, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Senin (29/7/2019) dini hari. Para pekerja yang tewas diduga akibat keracunan gas.

Para korban tewas ialah Mardjono (61), warga Kota Bekasi, Jawa Barat; serta Lamani (32), Muhammad Nur Huda (22), dan Jadi (33), yang berasal dari Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jateng. Keempatnya ditemukan tewas dan dievakuasi tim SAR gabungan pada pukul 02.55.

Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi mengatakan, para korban diketahui sedang memperbaiki ruang dalam (palka) kapal pada Minggu (28/7) siang. Namun kemudian tidak ada kabar hingga sore hari.

Pada pukul 21.30, Wiratno, mandor pekerja, curiga karena keempatnya tidak juga keluar dari palka tongkang. Ia pun menyuruh rekannya, Puji, untuk mengecek. Namun, yang ditemukan di atas tongkang hanya barang-barang yang diduga milik para pekerja tersebut.

Setelah menghubungi jajaran pimpinan PT Kodja Bahari, dilakukan pengecekan kembali bersama-sama ke atas tongkang “Zulkifli 2”. Saat pintu palka dibuka, keempat pekerja doking yang dicari ditemukan telah tergeletak.

“Keempat korban yang berada di dalam ruang palka itu diduga menghirup gas beracun sehingga menyebabkan mereka meninggal,” ujar Aris.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga