D-ONENEWS.COM

Periksa Armada Angkutan Lebaran

razia_bus_towSurabaya,(DOC) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya rutin melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Purabaya. Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, Senin (13/6/2016) mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan arus mudik lebaran.
“Karena domain pemerintah kota adalah terminal,” paparnya.
Irvan menegaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap kelayakan kendaraan, kelengkapan administrasinya, serta peralatan tanggap darurat yang disediakan.
“Pemeriksaan in sebenarnya kata lakukan rutin mendekati lebaran atau hari biasa,” terangnya
Menurutnya, kendaraan Bus yang terbukti melanggar ketentuan langsung dikeluarkan dari terminal. Irvan mengungkapkan, tiap hari 2- 3 bus yang tak mematuhi aturan di keluarkan dari terminal.
“Jadi, langsung melanggar kita keluarkan kosong,”
Ia mengakui, meski telah melakukan sosialisasi, pelanggaran masih terjadi di terminal, terutama Terminal Purabaya. Sedangkan, terhadap awak angkutan atau kru bus, untuk menciptakan kelancaran lalu lintas Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Dinas LLAJ Jatim, kementrian Perhubungan, Kementrian kesehatan menyelenggarakan pemeriksaan kehehatan, mulai kesehatan umum, narkoba, darah, diabetes dan sebagainya.
“Ini rutin kita lakukan, nanti menjelang H-10 kita lakukan pemeriksaan,” katanya.
Irvan mengatakan, untuk pengamanan lebaran, Dinas Perhubungan menerjunkna sekitar 900 personel. Mereka bertugas dalam tiga shift. Para petugas tersebut selain memberikan pelayanan di terminal, pelayanan parkir di area wisata, seperti Kebun Binatang Surabaya, pantai kenjeran dan Ampel.
“Kita selalu stand by, terutama untuk pelayanan lalu lintas, jangan sampai traffict ligt padam dan sebagainya,” tuturnya. (Indriatno)

Loading...