D-ONENEWS.COM

Peringati Hari Pohon Sedunia, Bupati Lumajang Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Lumajang, (DOC) – Memperingati Hari Pohon Sedunia Tahun 2020, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama para pecinta alam melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan pesisir pantai Watu Pecak, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (22/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon disekitaran pesisir pantai selatan.

Hal itu penting dilakukan karena dapat mengurangi dampak abrasi air laut dan kerusakan lingkungan serta melindungi habitat di sekitar pesisir pantai.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kawan-kawan pecinta lingkungan yang hari ini hadir di Watu Pecak. Kita semua punya pikiran dan tujuan yang sama dalam melakukan hal yang nyata dalam melestarikan lingkungan di pesisir selatan terutama di pantai Watu Pecak,” ujarnya.

Cak Thoriq menganggap, laut sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial yang selalu berdampingan. Bagi masyarakat yang berada di pesisir selatan, laut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya.

Bupati menegaskan bahwa ia berkewajiban untuk mengambil langkah dan kebijakan yang memiliki tujuan utama yakni pelestarian lingkungan. Menurutnya, hal itu sangat berpengaruh terhadap keselamatan jiwa dan kelestarian lingkungan juga lebih utama dari segalanya.

“Begitu ada indikasi melakukan kerusakan terhadap lingkungan, adanya indikasi orang-orang yang akan menggangu lingkungan, akan berhadapan dengan saya Bupati Lumajang,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan untuk mengembalikan fungsi lingkungan yang ada di pesisir selatan Kabupaten Lumajang untuk dijadikan sebagai tempat konservasi lingkungan.

“Sehingga ke depannnya pemanfaatan pesisir pantai selatan harus dalam rangka konservasi alam dan lingkungan,” tutur Thoriqul Haq.

Sementara itu, dari pihak panitia A’ak Abdullah menjelaskan, kegiatan penanaman bibit pohon tersebut diikuti oleh berbagi komunitas pecinta alam baik dari Kabupaten Lumajang maupun dari luar Lumajang, seperti Jember, Banyuwangi, bahkan dari serikat pedagang kaki lima Surabaya.

Total bibit pohon yang akan ditanam di pesisir pantai selatan khususnya di wilayah pantai Watu Pecak mencapai 2.500 bibit.

“Hari ini total bibit pohon ada 2.500 bibit yang akan kita tanam, yang terdiri dari bibit pohon mangrove, cemara laut dan masih banyak beberapa bibit pohon yang lainnya. Serta tidak kalah penting, ada beberapa bibit pohon Baobab yang berasal dari Afrika, memiliki bentuk pohon yang besar dengan diameter kurang lebih 5 meter,” ungkapnya.(imam)

Loading...