D-ONENEWS.COM

Peringati HUT TNI ke-73, Kodim 0821 Gelar Tasyakuran dan Pameran Alutsista

Lumajang,(DOC) – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 tahun 2018, Kodim 0821 menyelenggarakan acara syukuran dan pameran Alutsista diantaranya SIMOKOS (sarana Informasi Motor Komunikasi Sosial) Kodim 0821 dan gelar persenjataan dari Yonif 527/BY dari jenis laras pendek sampai dengan laras panjang, mulai jenis senjata ringan sampai dengan senjata berat yang dihelat di halaman Makodim jl. Alun-alun Utara No. 09 Lumajang, Jumat(5/10/2018).

Kegiatan syukuran dalam rangka peringatan HUT TNI tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan dari jajaran Forkopimda beserta OPD kabupaten Lumajang, tokoh Ormas, tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda, Pimpinan BUMN dan BUMD, Warakawuri serta anak yatim piatu yang ada di wilayah kabupaten Lumajang.

Sebelum pelaksanaan acara syukuran, rombongan Forkopimda Lumajang Bupati dan Wakil Bupati serta unsur pejabat yang lain didampingi oleh Dandim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman, S.E berkenan melihat secara langsung pameran Alutsista berupa jenis persenjataan dari berbagai ukuran dan varian yang dimiliki oleh Yonif 527/BY.

Dalam sambutannya Letkol Czi Agus Iskarman, S.E membacakan amanat dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto, S.I.P, bahwa sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dimasa mendatang yang semakin kompleks, perkembangan Politik.

“Ekonomi dan tehnologi global telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru telah membawa ketidakpastian dan kekhawatiran dalam menjangkau prospek masa depan,” ujar Dandim 0821.

Selain menghadapi kompleksitas tantangan kedepan dengan menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir-akhir ini.”TNI sebagai satuan yang siaga dimasa damai harus membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana yang terjadi diberbagai daerah dan wilayah di Indonesia,” tegas Letkol Agus.

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional maupun Internasional seperti, Asian Games, Asian Para Games dan pengamanan sidang tahunan IMF World Bank di Bali.

Sementara Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M. ML dalam sambutannya dihadapan para tamu yang hadir mengucapkan “Dirgahayu TNI ke 73 tahun 2018” teriring ucapan terimakasih serta penghargaan atas pengabdian selama ini.

“Sudah sepatutnya momen ini kita jadikan wahana untuk merefleksi diri dan merevitalisasi pengabdian TNI ke depan secara kontekstual bagi kepentingan nasional terutama yang menyangkut empat hal yang penting yaitu Pembangunan ekonomi nasional, memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa, menyuseskan penyelenggaraan pemilu dan suksesi kepemimpinan nasional serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI,” terang Cak Thoriq.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, ”banyak anggota TNI yang ikut membantu di tingkat Desa baik itu dalam kerja bakti maupun yang lainnya, persoalan yang saya hadapi kedepan terkait dengan kepemimpinan, kami akan meminta saran dan selalu berkoordinasi karena saat ini komunikasi saya dengan Forkopimda sudah saya rasakan sangat baik”, imbuhnya.

Ia juga menegaskan, bersama dengan dukungan rakyat dan TNI kabupaten Lumajang akan semakin siap dan mantap melaksanakan tugas dengan langkah antisipatif serta responsip, dengan motto Profesionalisme TNI untuk rakyat.

“Akan menjadi acuan dalam membangun dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat guna membangun masyarakat Lumajang yang lebih sejahtera,”pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan yang langsung diberikan oleh Bupati Lumajang dan Dandim 0821 kepada anak yatim piatu sejumlah 20 orang kemudian dirangkai dengan acara pemotongan tumpeng oleh H. Thoriqul Haq, M. ML diberikan kepada Veteran Kapten (Purn) Bambang Susilo dan Prajurit tertua Mayor Inf Sukadi (MPP) serta penyerahan tropy kepada Kapten Inf Hasanudin selaku Danramil 0821/08 Pasirian sebagai koramil teladan jajaran Kodim 0821.(mam/r7)

Loading...