Peringati Pahlawan, Pemkab Gelar Upacara dan Ziarah ke TMP Kusuma Bangsa

Lumajang,(DOC) –  Bupati Thoriqul Haq, M.ML., (Cak Thoriq) bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang, mengikuti Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) “Kusuma Bangsa”, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Upacara ziarah dipimpin oleh, Wakapolres Lumajang, Kompol Budi Sulistianto, SH.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang, juga melakukan tabur bunga dan memanjatkan do’a di TMP Kusuma Bangsa.

Kegiatan ziarah dan nyekar (tabur bunga) bersama itu, digelar sebelum melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018, di Alun-Alun Kabupaten Lumajang.

Hari Pahlawan sendiri, secara khusus merupakan pengingat masyarakat atas perjuangan “Arek-arek” Surabaya dalam pertempuran besar mempertahankan kemerdekaan RI di Surabaya pada 10 November 1945.

Peristiwa tersebut merupakan pertempuran pertama dan terbesar setelah Proklamasi Ke RI  dengan pasukan asing dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Peserta upacara ziarah tersebut terdiri dari unsur TNI, POLRI dan jajaran pejabat Pemkab Lumajang serta perwakilan sekolah Kab. Lumajang.

Usai berziarah, upacara peringati Hari Pahlawan ke-73, juga dilaksanakan oleh Pemkab Lumajang di Alun-alun kota.

Bertindak sebagai pemimpin upacara Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Agus Iskarman, SE. Nampak hadir Plt Bupati Lumajang dan sejumlah pejabat dijajaran Forkopimda.

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Dandim 0821 Lumajang dikatakan bahwa setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, Bangsa Indonesia memperigati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Peringatan hari pahlawan bukan semata-mata sebuah acara seremonial saja,  namun harus syarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi yang setiap hari harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi  nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari”, tegas Dandim 0821.

Lebih lanjut Letkol Agus mengatakan, Tema hari pahlawan tahun 2018 adalah semangat pahlawan di dadaku yang mengandung arti pitra dalam setiap insan tertanam nilai kepahlawanan sehingga dapat menjadi pahlawan, setiap warga indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdi hal yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Bangsa Indonesia sangat membutuhkan sosok pemuda sebagai penerus generasi yang mempunyai jiwa patriotisme yang memiliki pandangan dan berwawasan global untuk kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Letkol Agus.

Disela upacara tersebut, Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang memberikan tropy kepada peserta upacara terbaik yakni juara 1 dari SMAN 2 Lumajang, juara 2 dari MAN Lumajang, dan Juara 3 dari SMK Muhammadiyah Lumajang.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tropy lomba Badan Usaha Milik Desa tingkat Kab. Lumajang tahun 2018, dengan pemenangan Juara 1 BUMDesa Pasirian Raharjo Kec. Pasirian, Juara 2 BUMDesa Gesang Sejahtera Kec. Tempeh, Juara 3 BUMDesa Labruk Lor Kec. Lumajang, Juara harapan 1 BUMDesa Wiraraja Kec. Kedungjajang. Juara harapan 2 BUMDesa Sinar Jaya Kec. Yosowilangun.(imam/r7)