D-ONENEWS.COM

Persebaya Raih Juara di Piala Gubernur Jatim, Kalahkan Persija 4-1

Sidoarjo,(DOC) – Final Piala Gubernur Jatim 2020 yang berlangsung di GOR Delta Sidoarjo, Kamis(20/2/2020) petang, akhirnya di menangkan Persebaya Surabaya atas lawannya Persija Jakarta dengan skor telak 4-1.

Kesebelasan Bajul Ijo yang mendapatkan dukungan penuh dari supporter Bonek, begitu dominan menguasai pertandingan di babak pertama.

Persija yang harus berlaga dengan 10 pemain di pertengahan babak pertama, terus mendapat tekanan oleh tim asuhan pelatih Aji Santoso dimenit pertama pertandingan.

Gebrakan awal Persebaya hingga berbuah gol ke gawang Persija yang dikawal kiper Shahar Ginanjar, terjadi pada menit ketiga babak pertama.

Gol tersebut dicetak oleh Oktafianus Fernando    yang mendapatkan umpan silang dari Makan Konate.

Ketinggalan skore 1-0 atas Persebaya, pelatih Persija, Sergio Farias, memutuskan untuk menarik Adrianus Dwiki saat laga baru berjalan 10 menit. Farias memasukkan Novri Setiawan untuk bisa menambah daya gedor serangan lewat kedua sisi sayap, sekaligus mengubah formasi menjadi 4-3-3.

Meski begitu tekanan Persebaya tetap tak kendor, bahkan terus berusaha mendominasi permainan.

Pada menit ke-15, sebuah peluang emas didapat David da Silva, namun sayangnya tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau oleh Shahar Ginanjar.

Persija memberikan perlawanan dengan  menekan pertahanan Persebaya. Tapi, upaya yang dilakukan Marko Simic dkk tetap tak bisa membuat ancaman serius ke gawang Persebaya yang dijaga oleh Rivky Mokodompit.

Disaat mendapatkan tekanan keras, Persija harus bermain dengan 10 pemain setelah Ryuji Utomo mendapatkan kartu merah dari wasit. Bek tengah Persija itu dianggap melakukan pelanggaran saat menjadi pemain terakhir di pertahanan Persija dengan menjatuhkan David da Silva.

Kondisi bermain dengan 10 pemain memaksa Farias kembali melakukan pergantian pemain di babak pertama. Alfath Faathier dimasukkan oleh pelatih Persija itu dengan menarik Evan Dimas pada menit ke-34.

Persebaya hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-41 lewat tendangan jarak jauh David da Silva. Namun, bola membentur pojok atas antara mistar dan tiang gawang Persija.

Namun, justru Persija yang akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-42 melalui tandukan keras Marko Simic. Mendapatkan umpan sepak pojok Riko Simanjuntak yang tepat jatuh di kepalanya, Simic menanduk bola yang tidak mampu dihentikan oleh Rivky Mokodompit yang sudah berusaha menghalau datangnya bola yang begitu kencang ke arah gawang Persebaya Surabaya. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

Diawal babak kedua, Persebaya Surabaya kembali menekan pertahanan Persija Jakarta.

Situasi set piece diberikan oleh wasit kepada Persebaya setelah pemain Persija melakukan pelanggaran saat berusaha bertahan.

Kembali upaya Persebaya berbuah pada menit ke-52 setelah Makan Konate menjebol gawang Persija dan mengubah kedudukan menjadi 2-1. Memanfaatkan umpan pendek dari Hambali Tholib, Makan Konate langsung merangsek masuk kotak penalti Persija dan dengan tembakan mendatar menaklukkan Shahar Ginanjar.

Hanya berselang tiga menit, Persebaya menambah keunggulan menjadi 3-1. Ricky Kambuaya membawa Persebaya memperbesar jarak lewat golnya setelah menerima umpan dari Irfan Jaya yang baru saja masuk di babak kedua.

Persebaya menambah keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-80 melalui gol Mahmoud Eid. Pemain asal Palestina berdarah Swedia itu mendapatkan umpan dari Irfan Jaya dan menembak bola ke tiang dekat yang tidak mampu dihentikan oleh Shahar Ginanjar.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tidak berubah. Persebaya Surabaya pun keluar sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020.(r7/l6/hadi)

Loading...

baca juga