D-ONENEWS.COM

Peserta Mudik Gratis Pertama Lewat Jalur Laut Diberangkat Gubernur Khofifah

foto : Gubernur Khofifah salurkan bingkisan ke peserta mudik gratis yang menggunakkan kapal laut lewat pelabuhan Tanjung Perak

Surabaya,(DOC) – Sebanyak 500 orang peserta mudik gratis lewat jalur laut diberangkatkan perdana oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada hari Rabu(29/5/2019) sore.

Mereka berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Kepulauan Masa Lembu, Sumenep Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga memantau fasilitas kapal penumpang yang akan mengangkut para pemudik.

“Kita lihat tempat duduknya, tempat tidur sampai fasilitas kesehatan dengan harapan semua fasilitas tersedia lengkap. Mengingat perjalanannya cukup jauh dan membutuhkan waktu lama sekitar 13-14 jam,” ungkap Khofifah.

Ia menambahkan, pada lebaran tahun ini, fasilitas layanan penumpang ada sedikit peningkatan, yakni tambahan alat pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

“Ini demi kenyamanan pemudik. Fasilitas kesehatan dan ruangan ber-AC sudah dilengkapi. Semoga program mudik gratis ini dapat membantu warga untuk bisa pulang kampung sekaligus meringankan ongkos perjalanan mudik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Fattah Jasin menyebutkan, pemberangkatan mudik gratis lewat jalur laut tersedia 6 titik tujuan yaitu; kepulauan Kalianget Sapeken, Kalianget Kangean, Tanjungwangi Sapeken, Masalembu, Bawean, Jangkar dan Raas.

“Untuk selanjutnya pemberangkatan jalur darat dimulai tanggal 1 Juni dengan 77 armada bus yang diberangkatkan dari beberapa titik, diantaranya dari kampus ITS, Maspion, dan beberapa perusahaan mitra Pemprov Jatim,” jelasnya.(div/r7)

Loading...