D-ONENEWS.COM

Pimpin Upacara Hari Santri, Gibran Beri Apresiasi Upaya Ponpes Tangani Covid

Solo,(DOC) – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming memimpin upacara peringatan Hari Santri Tahun 2021 di halaman Balaikota Surakarta, Jum’at(22/10/2021).

Upacara Hari Santri 2021 diikuti oleh perwakilan santri pondok pesantren yang tersebar di Kota Surakarta. Dalam amanatnya, Wali Kota surakarta menyampaikan Hari Santri 2021 bertema “Santri Siaga Jiwa Raga”, diharapkan agar para santri di seluruh Indonesia siap siaga untuk membela tanah air dan mewujudkan perdamaian dunia.

“Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga. Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia,” Ucap Gibran.

Gibran melanjutkan, tema tersebut sangat relevan di era pandemi Covid-19 dimana santri dan masyarakat umum dilarang untuk lengah dalam hal menjaga protokol kesehatan untuk upaya pencegahan Covid-19.

“Tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan. Hal ini juga perlu diperhatikan oleh masyarakat pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan Bangsa Indonesia, terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19,” lanjutnya Gibran.

Tidak hanya itu, Gibran juga memberikan apresiasi kepada beberapa pesantren di Kota Surakarta karena berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19.

“Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil  melakukan  upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi COVID-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.” Jelas Gibran.

Setelah upacara selesai, Walikota Surakarta melakukan doa bersama dipimpin K. H Abdul Rozaq Shofawi dan beberapa Kiyai serta Forkompimda Kita Surakarta di ruangan Walikota dalam rangka syukuran peringatan Hari Santri Tahun 2021.(jj/r7)

Loading...

baca juga