D-ONENEWS.COM

Pipa Gas PT PGN Bocor di Perairan Banten

Banten (DOC) – Sebuah pipa gas mengalami kebocoran di perairan Banten, tepatnya di laut Bojonegara, Serang. Polisi langsung berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten untuk melakukan pengamanan guna menghindari peristiwa tak diinginkan.

“Iya (terjadi kebocoran pipa gas), tapi anggota masih (di lapangan), sudah koordinasi dengan KSOP untuk memasang parimeter karena kita anggap itu perlu kita amankan dulu,” kata Dirpolairud Polda Banten, AKBP Nunung Syaifuddin, Senin (9/7/2018).

Kebocoran pipa gas bawah laut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Muncul semburan di permukaan laut akibat kebocoran pipa tersebut.

Kepolisian hingga kini fokus melakukan pengamanan di jalur laut. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi jalur pelayaran di Laut Bojonegara.

“Kita belum tahu bahaya atau tidaknya tapi kita antisipasi saja,” kata dia.

Di sisi lain, kapal yang berlayar di sekitar perairan Banten juga diimbau tak mendekati lokasi pipa gas bocor dan menjaga jarak sejauh 2-3 nanometer.

Imbauan itu dikeluarkan oleh Vessel Traffic Service (VTS) kepada seluruh kapal yang berlayar atau melintasi perairan Banten melalui radio komunikasi.

“Kepada semua kapal-kapal yang melintas atau berlabuh di sekitar area tersebut agar dan menjaga jarak aman dengan radius 2-3 nm, ulangi menjaga jarak aman dengan radius 2-3 nm dari area pipa gas bicor,” tulis siaran VTS Merak.

Informasi kebocoran pertama kali diketahui dari kapal KN Trisula milik KSOP Banten. Informasi bocornya pipa gas kemudian langsung disiarkan ke berbagai pihak termasuk kepolisian.

Pihak kepolisian hingga saat ini masih mengamankan lokasi kejadian dengan memasang parimeter. Belum diketahui pasti penyebab kebocoran tersebut. Menurut informasi, pipa gas itu milik PT PGN.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga