D-ONENEWS.COM

Pisang Pasak Kresek Lumajang Mampu Dongkrak Perekonomian Warga

Lumajang, (DOC)-Baru-baru ini, Selasa (31/1/2023) warga Desa Tegalbangsri, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, berhasil memanen Tanaman Pisang Pasak Kresek yang digadang-gadang mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

Menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq tanaman pisang Pasak kresek memiliki potensi besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ril dan nyata.

“Jadi keswadayaan masyarakat sekitar telah tumbuh, karena saya lihat bibitnya mereka hasilkan sendiri,” Ujar Cak Thoriq saat mengunjungi lokasi Kebun Pisang Pasak Kresek di Desa Tegalbangsri.

Harga Pisang Pasak Kresek per tandannya bisa mencapai sekitar Rp. 250 hingga 300 ribu.

“Ini harus dijaga dan kualitasnya juga harus didampingi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, tadi sarannya harus diblongsong biar mendapat harga yang lebih signifikan,” terangnya.

Bupati menyebut luas lahan tanaman pisang tersebut sekitar 61 hektar dan berada di satu desa, yakni Desa Tegalbangsri yang dulunya adalah bekas kebun sengon.

“Pisang Pasak Kresek hanya bisa ditanam di desa ini, sedangkan dikembangkan di kecamatan lain ada hasil yang berbeda,” tuturnya.

Cak Thoriq berharap, agar tanaman Pisang Pasak Kresek yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Tegalbangsri, nantinya dapat memiliki banyak akses industri, sekaligus mampu menembus pasar ekspor.

“Semoga ini memiliki banyak akses industri untuk tidak sekedar hasil dari petani, akan tetapi juga menjadi produk yang didampingi dan berkualitas, sekaligus menjadi tanaman buah yang betul-betul layak untuk dikonsumsi secara global,” imbuhnya. (Imam/r7)

Loading...

baca juga