D-ONENEWS.COM

PON XX Papua Akan Dibuka Presiden Jokowi Tanggal 2 Oktober 2021

Jayapura (DOC) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyebut pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia bahkan akan menetap dan berkantor di Papua selama ajang olahraga terbesar tanah air itu berlangsung.

PON XX Papua 2021 sudah mulai menggelar beberapa cabang olahraga sebagai pembuka sejak 24 September. Namun, ajang ini akan resmi dibuka pada 2 Oktober 2021 mendatang.

Ajang ini akan secara langsung dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi. Sampai saat ini, panitia besar akan berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora, hingga pihak Paspampres, sehingga direncanakan Presiden bisa hadir langsung ke Papua.

“Pembukaan PON XX Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe 2 Oktober mendatang rencananya bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ucap Menpora Amali, dilansir dari Okezone, Senin (27/9).

Adapun Menpora Amali menginginkan setiap detail penyelenggaraan dapat terpantau secara langsung. Apalagi saat ini berada di tengah pandemi Covid-19 sehingga masalah protokol kesehatan sangat diwanti-wanti.

Oleh karena itu, ia akan membagi timnya untuk selalu ada di setiap klaster tempat berlangsungnya setiap pertandingan. Sebagaimana diketahui, PON XX Papua 2021 terbagi menjadi empat klaster, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Timika.

Sementara Menpora Amali sendiri akan selalu ada di sana selama ajang yang berlangsung 2-15 Oktober 2021 ini. Ia akan memastikan penyelenggaraan ajang olahraga terbesar di Indonesia ini berjalan lancar.

“Untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi dengan PB PON yang ada di sana, saya dan teman-teman akan berkantor dari Papua. Teman-teman yang ada di klaster juga akan bergantian, tapi saya akan ada di sana selama PON berlangsung untuk memastikan supaya semua berjalan lancar,” ucapnya.

“Kita akan berkeliling ke beberapa tempat-tempat pertandingan, baik di Kabupaten dan Kota, Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” lanjutnya.

Menpora pun melihat persiapan penyelenggaraan PON XX Papua ini sudah sangat baik terutama dari masalah penerapan prokes. Bersama Kementerian Kesehatan dan BNPB program pelayanan seperti vaksinasi sudah menjangkau setiap kontingen.

“Di samping itu, prokesnya sudah berjalan dengan baik. Sebagaimana yang sudah dikerjakan dari teman-teman dari Kemenkes dan BNPB. Dan percepatan vaksinasi sampai sekarang dilakukan,” tutupnya. (oke)

Loading...