D-ONENEWS.COM

Puncak Balik Arus Balik di Pelabuhan Gapura Surya Terjadi H+8 Pasca Lebaran

dokmen

Surabaya,(DOC) – Arus balik pasca libur lebaran masih berlangsung hingga H+8 hari ini, Kamis(13/6/2019). Lonjakan terjadi pada penumpang kapal laut di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang mengikuti program mudik dan balik gratis dari Pemerintag Provinsi Jawa Timur.

Disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, Fattah Jasin, bahwa terdapat sekitar 1800 penumpang yang di berangkatkan dengan 6 kapal tujuan kepulauan lewat dermaga Gapura Surya Tanjung Perak Surabaya.

“Arus balik penumpang kapal laut yang mengikuti program mudik gratis Pemprov jatim terakhir pada H+8 ,” ungkap Fattah, saat di temui dise;a acara halal bihalal dengan Gubernur Jawa Timur.

6 kapal program mudik gratis yang melakukan perjalanan balik itu, memiliki rute tujuan kepulauan, yaitu Surabaya – Gresik Bawaen, Surabaya – Kalianget – Masalembu, Jangkar – Kalianget, Tanjungwangi – Raas – Sapeken, Kalianget – Kangean, dan kepulauan Sepudi – Kangean – Sepeken.

“Masing-masing kapal berkapasitas mengangkut penumpang antara 300-400 orang. Jadi kalua dihitung total penumpang, ada sekitar 1800 penumpang. Semuanya dijadwalkan balik Kamis(13/6/2019) hari ini,” tandasnya.

Pada kegiatan mudik lebaran tahun ini, penumpang yang menggunakan transportasi laut mengalami peningkatan sampai 100 persen. Sementara peserta program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim juga mengalami peningkatan 5 persen untuk seluruh moda transportasi.(div/7)

Loading...