D-ONENEWS.COM

Rangkaian Kegiatan Hari Pahlawan, Kemensos Akan Libatkan Anak-anak

Jakarta,(DOC) – Kementerian Sosial (Kemensos) RI berencana melibatkan anak-anak dalam rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2021 di tingkat pusat. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menilai, keterlibatan anak-anak penting untuk menanamkan semangat juang yang diwariskan para pahlawan.

“Kita ingin menggugah anak-anak bahwa kemerdekaan yang kita raih bukan pemberian tapi perjuangan para pahlawan. Agar mereka (anak-anak) tidak jadi lemah dan semangat untuk berjuang mengisi kemerdekaan,” kata Mensos Risma dalam Rapat Pleno Hari Pahlawan 2021 di Gedung Anek Bhakti Kemensos RI, di Jakarta, Jumat (05/11/2021).

Rencananya, lanjut Mensos, anak-anak yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA diajak untuk mengikuti Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata pada tanggal 10 November 2021.

“Anak-anak rencananya akan mengisi acara menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan iringan musik tradisional. Setelah itu kita ajak mereka menabur bunga di makam pahlawan,” kata Mensos.

Selanjutnya, pada tanggal 15 November 2021 akan diselenggarakan Penguatan Nilai Kepahlawanan yang juga menghadirkan perwakilan siswa siswi SMP dan SMA dari seluruh Indonesia untuk mengunjungi makam pahlawan, situs-situs perjuangan, dan museum.

“Akan ada sekitar 100 hingga 200 anak yang diundang. Tentunya pelibatan anak-anak ini dengan syarat sudah vaksinasi,” ucap Mensos.

Secara keseluruhan, kegiatan Hari Pahlawan 2021 yang mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku” diselenggarakan dengan kegiatan utama, kegiatan pokok, dan kegiatan penunjang baik di tingkat pusat, daerah, maupun luar negeri.

Kegiatan Utama di tingkat pusat pada tanggal 10 November meliputi: 1. Upacara Ziarah Nasional di TMPNU Kalibata dengan Inspektur Upacara Presiden RI; 2. Upacara Tabur Bunga di Laut dengan Inspektur Upacara Panglima TNI; 3. Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

Sementara kegiatan penunjang lainnya yaitu lomba karya ilmiah Kepahlawanan Tingkat Nasional serta Kerja Bakti Kepahlawanan di TMPNU Kaibata pada 30 – 31 Oktober.

Untuk di tingkat daerah dan luar negeri, peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan dengan upacara bendera dengan jumlah terbatas serta pengibaran bendera Merah Putih satu tiang penuh.

Masyarakat juga diimbau untuk Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Informasi selengkapnya terkait Hari Pahlawan Nasional 2021 dapat diakses melalui https://kemensos.go.id/

Hadir dalam rapat Dirjen Pemberdayaan Sosial; Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial; Dirjen PFM; Irjen Kemensos; Kepala BP3S; Staf Khusus Menteri Sosial; Ketua Umum Panitia Pusat Hari Pahlawan 2021; Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan; Kepala Biro Personel TNI dan Polri Setmilpres; Kepala Staf Garnisun Tetap 1/Jakarta; perwakilan Kementerian Perhubungan, perwakilan Kemendikbudristek; Senior Vice President Bank Mandiri; Vice President BNI.(hm/r7)

Loading...

baca juga