D-ONENEWS.COM

Rincian Tunjangan ASN yang Pindah ke IKN

Jakarta (DOC) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas melaporkan bahwa pembahasan terkait tunjangan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung.

Paket tunjangan yang dimaksud disebut sebagai tunjangan pionir ini diberikan khusus kepada para pegawai ASN yang pindah pertama ke IKN. Anas mengatakan, salah satu tunjangan yang akan diberikan ialah tunjangan kepindahan.

“Sudah kita rumuskan, ada tunjangan kepindahan, packing, kemudian tunjangan mereka berangkat dengan keluarganya ke tempat itu,” kata Anas, dikutip Senin (11/3).

Meski perumusannya telah selesai, Anas enggan merincikan besaran anggaran dan insentif yang akan diberikan. Sebagai informasi, Diperkirakan 2.500 ASN pertama yang pindah ke IKN mulai Juli.

Pemerintah telah menetapkan skala prioritas untuk kepindahan ASN ke IKN. Adapun beberapa yang termasuk ke dalam prioritas pertama ialah ASN Pertahanan dan Keamanan (Hankam), ASN muda, serta yang memiliki kemampuan digital.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, skema pemindahan ASN dilakukan secara bertahap. Dengan demikian, keberangkatan para pegawai ASN ke IKN tidak langsung dilakukan oleh ribuan orang secara bersamaan.

“Dapat tunjangan naik pesawat, yang jauh naik pesawat. Kecuali yang dekat mungkin (bisa naik kapal laut), bawa lemari, bawa apa,” tuturnya.

Di samping itu, Anas juga optimistis target pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN bisa tercapai. Hal ini didukung dengan progres pembangunan infrastruktur di sana yang sudah berkembang pesat, terutama hunian ASN.

“Kemarin kami dengan presiden topping off terkait kesiapan hunian ASN yang ada di IKN. Saya sendiri agak terkaget-kaget karena sebelumnya belum ada apa-apa. Sekarang towernya sudah, wah… Sudah penutupan anu, lantai paling atas. Jadi sangat cepat sekali. Dan apartemennya 90 meter jadi cukup gede,” ujarnya. (dtc/zis)

Loading...