D-ONENEWS.COM

Robot Kotak Sampah Milik Siswa SD Ikut Kompetisi Robot

Foto: Robot Kotak Sampah karya 2 Siswa SD Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar

Surabaya,(DOC) – Guna membudayakan siswa sekolah dasar (SD) membuang sampah pada tempatnya, dua siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar menciptakan robot yang dirancang untuk menghidupkan minat siswa sekolah selalu membuang sampah pada tempatnya.

Robot tersebut dijuluki robot kotak sampah yang diciptakan oleh Cahayu Paras Puan dan Muhammad Nizar Albadrie Siswa SD Madrasah Al Hudy kelas VI.

Kedua siswa SD tersebut membuat robot dari kotak sampah bekas dan roll on yang bisa berbicara ke para siswa saat membuang sampah.

Foto: Cahayu Paras Puan dan Muhammad Nizar Albadrie

Robot sampah yang dilombakan di kompetisi robot Madrasah 2019 di Grand Citymall Surabaya, dirakit selama sebulan dan dilengkapi sensor, sehingga bisa berjalan menghampiri siswa.

“Saat siswa membuang sampah, robot langsung ngomong terimakasih telah membuang sampah. Kemudian keluar struk nominal dari robot yang bisa ditukarkan alat tulis di koperasi sekolah,” ungkap Cahayu Paras Puan, Minggu(17/11/2019).

Robot kotak sampah ini diciptakan untuk membantu menjaga lingkungan dari sampah plastik yang susah di urai. Struk yang dikeluarkan dari robot sampah itu, merupakan nilai sampah plastik uang dibuang oleh para siswa disekolah.

Ia menjelaskan, tujuan membuat robot kotak sampah ini, karena termotivasi dengan banyaknya sampah plastik disekitar sekolahnya.

“Nominalnya keluar sehingga bisa ditukarkan sesuai harga alat tulis,” tambahnya.

Kompetisi robot ini telah berlangsung selama beberapa hari di Surabaya dan diikuti oleh para siswa Madrasah di sejumlah sekolah.(hadi)

Loading...