D-ONENEWS.COM

Sebuah Rumah di Kawasan Surabaya Pusat Dibobol dan Diobrak-Abrik Pencuri

Surabaya, (DOC) – Rumah di kawasan Balai Kota Surabaya ini diobrak-abrik maling. Hal ini diketahui setelah salah satu anak pemilik rumah berkunjung melihat kondisi rumah di Jalan Jaksa Agung Suprapto Surabaya.

Seperti postingan akun TikTok milik RH, yakni salah satu anak pemilik rumah tersebut, kondisi rumah di Jalan Agung Suprapto ini berantakan, seperti diobrak-abrik maling. Anehnya lagi, barang-barang yang hilang hanya sekitar instalasi listrik berbahan tembaga.

“Rumah tinggal di kawasan Surabaya pusat Jalan Jaksa Agung Suprapto samping Balai Kota Surabaya dibobol maling. Semua kelistrikan rumah (kabel/panel/dll), piano perabotan dan hampir semua peralatan elektronik dirusak, ac dirusak piano dirusak sampai dalam2 piano dibongkar, brankas besi dibuka dirusak sangat parah sampai terbuka. Pelaku masuk dari genteng menjebol atap lantai 2,” tulis RH di akun TikToknya.

Saat dikonfirmasi, RH mengaku jika rumah itu ditinggali pada waktu dua minggu lalu oleh kakaknya, dan aman tidak terjadi apa-apa.

“Kalau pulang ke Surabaya, rumah itu di tinggali. Waktu dua minggu lalu kakak saya kesana masih aman-aman saja. Kemarin minggu, jam 4 pagi. Kakak saya dari Semarang mau tidur di rumah. Lak kok listriknya terusnya nggak bisa hidup semua,” ungkap RH, Senin (24/7/2023).

Saat masuk rumah dalam keadaan gelap. Kakak dari RH kemudian masuk mengunakan seter untuk penerangan. Takut ada orang, kemudian keluar lagi. Sekitar pukul 09.00 WIB, dilakukan pengecahkan, ternyata barang-barang di dalam rumah porak-poranda.

“Kakak saya yang tinggal di Surabaya, ngecek, didalamnya sudah hancur semua, panel sudah hilang semua. Ternyata juga ada genteng yang bolong, itu instalasi rumah di ambil,” ungkap RH.

RH menduga pelaku masuk kedalam rumah tersebut melalui atap rumah. Sebab pintu depan masih dalam kondisi terkunci.

“Kayaknya lewat genteng, soalnya ada plafon yang bolong buat pelaku masuk. Posisinya di samping lantai dua,” ujar RH.

Setelah dilakukan pengecekan seisi rumah. RH menyampaikan barang-barang yang berada di rumah mulai piano, ac, sound, panel hingga brankas rusak.

“Setelah kita mengecek rumah, hampir 80 persen sudah rusak semua. AC-AC di hancurin semua. Pioano di hancurin semuanya nggak tahu diambili besi-besinya. Isi lemari dikeluarin semua, yang paling parah brankas itu. Brankas itu dijebol, nggak tahu pakai apa kita juga bingung, padahal dalamnya cor-coran. Shower-shower juga diambil ,” ungkap RH.

Setelah melihat rumahnya dibobol. Akhirnya pihak keluarga dari RH melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Genteng.

Sementara itu, Kapolsek Genteng Surabaya, Kompol Andika Lubis menjelaskan, mengakui kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh kakaknya saat mengecek rumah pada Minggu (23/7/2023) kemarin.

“Hari Minggu kemarin tanggal 23 sekitar pukul 15-/16 dan anggota turun ke lapangan, dicek ke rumah, rumahnya sudah kosong sekitar 1 tahunan, dan yang hilang itu sebangsa alat listrik, engsel pintu, kran air, kalau barang-barang berharga sampai sekarang enggak ada yang disampaikan oleh keluarga,” ujar Andika, Senin (24/7/2023).

Andika menyayangkan, di dalam rumah tidak adanya CCTV yang merekam aktivitas apapun di rumah yang cukup besar tersebut.

“CCTV di rumah enggak ada. Kita tanya barang di brankas juga enggak ada. Dugaannya dia merusak atap masuk melalui genteng belakang. Tembus ke sebuah ruangan. Aneh sih, jadi memang kosong tidak ada barang-barang berharga. Pelaku manjat juga, jadi enggak ada barang-barang besar yang dibawa,” jelas Andika.

Selain itu, kepolisian juga menduga adanya jumlah orang yang melakukan pembobolan, dan paling banyak sebanyak 2 orang.

“Tapi ya kita antisipasi. Dugaan paling tidak 1 dan paling banyak 2. Ini kami masih mendalami kejadian tersebut,” tandasnya. (ang)

Loading...

baca juga