D-ONENEWS.COM

Segera Manfaatkan!, Pendaftaran Beasiswa Calon Mahasiswa SBMPTN Dibuka Sampai 20 Juli,

Surabaya,(DOC) – Pendaftaran beasiswa bagi calon mahasiswa yang sudah ke terima Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 mulai di buka oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pendaftaran melalui website https://besmart.surabaya.go.id/ pertanggal 12 s/d 20 Juli 2022 mendatang.

Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan, beasiswa itu sebagai penunjang program pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Ia  berharap program ini bisa segera di manfaatkan oleh para Pemuda Tangguh di Kota Pahlawan.

“Sesuai dengan harapan Pak Wali Kota Eri Cahyadi, semoga beasiswa ini bisa memberikan dampak positif bagi pemuda Kota Surabaya. Bagi yang ingin mendaftar bisa segera mengunjungi website yang telah tersedia,” kata Wiwiek, Kamis(14/7/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Kepemudaan, Pudji Astuti menjelaskan, persyaratan pendaftaran beasiswa untuk calon mahasiswa yang telah di nyatakan lulus SBMPTN. Menurutnya, sama dengan seleksi pendaftaran beasiswa sebelumnya. Yakni, menyertakan bukti keterangan lulus seleksi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya.

Astuti menyebutkan 10 PTN dan 1 PTS yang telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya. Di antaranya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surabaya.
Kemudian Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura dan masih banyak lainnya.

“Sebelumnya kami telah membuka beasiswa untuk jenjang SMA sederajat. Itu sudah melalui verifikasi dan kemungkinan akan di buka lagi untuk gelombang keduanya. Begitu dengan beasiswa SNMPTN dan aktif (ongoing) serta SMA sederajat juga sudah melalui verifikasi,” ujar Astuti.

Astuti menjelaskan, setelah di nyatakan ke terima beasiswa SBMPTN, calon mahasiswa tersebut akan mendapat fasilitas mulai semester 1 – 8 bagi yang S1. Sedangkan D3 mendapat fasilitas mulai semester 1 – 6. Nantinya biaya pendidikan itu akan di transfer melalui rekening masing – masing perguruan tinggi.

“Mereka juga akan mendapat bantuan biaya pendidikan tiap semester Rp 750 ribu dan uang saku senilai Rp 500 ribu. Apabila nanti ada mahasiswa yang lulusnya melebihi ketentuan itu, maka akan di putus beasiswanya,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga