D-ONENEWS.COM

SEMINAR NASIONAL DI PONPES TEBUIRENG JOMBANG, GOGOT PAPARKAN ISU KRUSIAL PEMILU 2019

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro Sebagai Narasumber

 

Jombang, kpujatim.go.id – Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Gogot Cahyo Baskoro menjadi narasumber seminar nasional di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Minggu (11/11). Seminar nasional yang digelar oleh Puat Kajian Pemikiran Hasyim Asy’ari tersebut, mengusung tema “Aktualisasi Resolusi Jihad Untuk Persatuan Bangsa Menuju Pemilu Damai”.

Gogot yang menjadi narasumber mewakili KPU RI menyampaikan materi “Isu Krusial Undang Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Menuju Pemilu Berintegrita”. Sedangkan dua narasumber yang lain yakni Yudi Latief (Peneliti Senior) dan Prof. Dr Achmad Zahro (Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya).

Dalam penyampaian materinya, Gogot menyebutkan ada sebanyak enam isu krusial yang perlu diketahui dalam Pemilu akan datang. Dia menyebut secara berurutan yakni isu pemilih, sistem Pemilu, kampanye, pungut dan hitung suara, penegakan hukum dan kelembagaan. Seluruh isu krusial tersebut saling berhubungan.

“Jadi semua perlu belajar dan memahami bersama terkait isu krusial tersebut, agar Pemilu 2019 akan datang lebih baik dan beritegritas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, semisal untuk sistem Pemilu 2019 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni alokasi kursi dan besaran daerah pemilihan (dapil), formula perhitungan, ambang batas parlemen (parlementary threshold), serta ambang batas Presiden dan Wakil Presiden (presidential threshold).

“Setidaknya, dengan memahami aturan dari isu-isu yang ada tersebut bisa membuat masyarakat siap dalam menghadapi Pemilu yang digelar 17 April 2019 mendatang,” pungkasnya.

 (BAY)

Loading...

baca juga