D-ONENEWS.COM

Seorang Operator Ekskavator Tewas Terseret Banjir Lahar Dingin Semeru Sejauh 7 Kilometer

Lumajang, (DOC) – Banjir lahar dingin Gunung Semeru terjadi aliran Sungai Glidk, perbatasan Kabupaten Lumajang dengan kabupaten Malang menelan korban jiwa, Rabu (31/1/2023) petang.

Korban meninggal dunia diketahui bernama Suparman, warga Desa Kabupaten Blitar merupakan operator ekskavator. Ia tewas diterjang banjir lahar dingin.

Saat kejadian, Suparman sedang melakukan aktivitas pertambangan pasir di Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang.

“Suparman sempat berusaha menepikan ekskavator yang dikendarainya. Namun, laju air datang lebih cepat hingga Supratman beserta ekskavator terseret derasnya banjir lahar,” kata Kapolsek Pronojiwo AKP Wahono Puji Santoso.

Puji mengatakan, beberapa warga dan pekerja sempat meneriaki korban agar segera menepi sebelum akhirnya terseret.

“Setelah banjir reda warga melakukan pengecekan ke kskavator yang sudah terseret beberapa meter dari lokasi awal. Namun, korban tidak ditemukan,” ujarnya.

Lanjut Puji, korban berhasil ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa setelah warga melakukan penyisiran sejauh 7 kilometer.

“Saat ditemukan tubuh Supratman tertimbun material vulkanik yang terbawa derasnya banjir lahar Gunung Semeru,” terangnya.

Korban ditemukan sejauh 7 kilometer tepatnya di Blok Wareng, perbatasan antara Desa Sidomulyo dan Taman Ayu.

“Setelah dilakukan evakuasi, korban langsung dibawa ke rumah duka yang ada di Blitar,” tutupnya.

sementara, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengimbau, para penambang dan warga yang beraktivitas di sekitar sungai yang dialiri lahar semeru untuk segera keluar dari area sungai begitu cuaca sudah tampak mendung.

“Kami imbau agar warga tetap tenang dan terus meningkatkan kewaspadaan, khususnya yang beraktivitas di sekitar sungai, resiko banjir itu nyata meski pun waktu dan intensitasnya belum bisa di prediksi,” imbaunya.(Imam)

Loading...

baca juga