D-ONENEWS.COM

Seragam Satpam Berubah Lagi, Akan Berganti Warna Ini

Jakarta (DOC) – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Ahmad Ramadhan mengatakan, rencana perubahan warna seragam satuan pengamanan (satpam) merupakan keinginan dari masyarakat.

Ramadhan menambahkan, perubahan warna baju seragam satpam menjadi krem ini dilakukan agar masyarakat tidak kebingungan.

“Tetapi, seperti yang saya sampaikan tadi untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat enggak bingung,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, dilansir dari Kompas.com, Kamis (13/1).

Nantinya hanya baju seragam satpam yang akan diubah, sedangkan celana satpam akan tetap berwarna coklat tua.

Ia mengatakan, perubahan warna seragam satpam dari coklat menjadi krem tidak akan terlalu mencolok.

“(Polri) sebagai pembina, perubahan-perubahan itu enggak begitu mencolok, hanya perubahan pakaian seragam atas atau baju, jadi bajunya lebih muda gitu ya,” ucap dia

Ia memastikan perubahan ini tidak berkaitan dengan adanya perilaku menyimpang satpam di lapangan.

“(Perubahan) tidak kaitan yang disampaikan dengan perilaku-perilaku satpam,” tegasnya.

Menurut Ramadhan, seragam baru ini akan mulai diperkenalkan pada 31 Januari 2022 saat hari ulang tahun (HUT) satpam.

Adapun seragam baru satpam akan mulai efektif diberlakukan setahun setelah peraturan kepolisian (perpol) diterbitkan.

“Tentu masa satu tahun itu juga berikan kesempatan kepada satpam yang mungkin bajunya masih bagus. Nah, ini masa sosialisasi, jadi satu tahun,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, belum lama ini Polri sudah mengubah warna seragam satpam dari putih-biru tua menjadi warna coklat muda.

Hal ini diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Jenderal Idham Azis, pada 5 Agustus 2020.

Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

“Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi pada Selasa (15/9/2020) lalu. (kc)

Loading...