D-ONENEWS.COM

Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Genteng Surabaya, Wamendag Temukan Ini

Surabaya (DOC) – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Genteng, Surabaya, Jumat (12/8).

Salah satu komoditas yang disorotnya, yakni harga ecaran tertinggi (HET) minyak goreng curah.

Dia mengaku, HET minyak goreng di Pasar Genteng berada di harga Rp 13 ribu.

“Minyak curah kami lihat dijual Rp 13 ribu per liter. Artinya, harga itu di bawah HET kan Rp 14 ribu per liter,” kata Jerry Sambuaga.

Selain minyak goreng, harga cabai merah mengalami penurunan dari Rp 70 ribu perkilonya, menjadi Rp 40 ribu.

Sementara, untuk harga telur ayam saat ini berada di angka Rp 26 ribu atau turun Rp 4 ribu. Hal itu didapatinya usai membeli bahan pangan tersebut.

“Telur Rp 30 ribu? Saya beli Rp 26 ribu,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Drajat Irawan mengatakan, harga minyak goreng yang berada di HET dikarenakan adanya indikasi suplai dan distribusi sudah stabil.

“Di Jatim sendiri masih sekitar Rp 14 ribuan. Jadi, (pasar, red) Genteng indikasi sudah di bawah HET. (Distribusi, red) berkesinambungan, jadi suplai ke pedagang lancar,” terangnya.

Drajat menambahkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Bulog dan jajaran pemerintah setempat untuk memastikan harga bahan pokok benar-benar stabil.

“Cabai rawit, merah turun dari harga sebelumnya. Seluruh rangkaian bapok yang stabil ini inflasi terkendali,” jelasnya. (zis)

Loading...