D-ONENEWS.COM

Tambang Freeport di Mile 74 Longsor, 2 Pekerja Tertimbun

Jayapura (DOC) – Bencana longsor kembali melanda pertambangan bawah tanah (Underground) PT Freeport Indonesia. Longsor terjadi di Mile 74 saat para pekerja sedang melakukan penambangan. 2 Pekerja terjebak akibat dalam longsor tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (3/4/2019) sekira pukul 16.10 Wit. Saat longsor ada 4 pekerja di dalam tambang, namun 2 orang berhasil meloloskan diri.

“Insiden terjadi Rabu sekitar pukul 16.10 WIT, dilaporkan 4 karyawan menjadi korban.2 selamat, sementara 2 karyawan lainnya belum ditemukan. Lokasi longsor di underground mile 74,” kata Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto, Kamis (4/4/2019).

Agung menjelaskan, saat ini petugas masih melakukan pencarian korban insiden luapan lumpur material/our di Ore Bin 6 comveyor 66 Fider 6 MLA Underground Mile 74 Distrik Tembagapura itu.

Pukul 08.10 WIT Tim pencarian korban masih melakukan pembersihan dan pemotongan konveyor jalur terowongan yang tertimbun dari material Ore dengan menggunakan alat berat (Loader).

2 karyawan yang selamat ialah Yohanis dan Yoku. Sementara 2 karyawan yang masih dicari, Kawi Yanto Waroy dan Taufik Adnin Rasyid.

“Kemungkinan besar kedua karyawan masih hidup, karena udara cukup bersih mengalir dalam tambang tempat kedua pekerja tersebut terjebak,” kata Agung.

Yohanis Yoku mengalami luka lecet di kaki kiri dan benturan di sekitar dada kiri. Kedua korban selamat saat ini masih menjalani perawatan di RS Tembagapura.

Untuk saat ini, petugas sedang melakukan pembersihan material longsor untuk mencari 2 korban lainnya.

“Jarak terowongan yang sudah dibersihkan sejauh 10 s/d 15 meter dan perkiraan yang belum di bersikan menuju TKP awal sejauh 10 sampai dengan 15 meter,” ujar Agung.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga