D-ONENEWS.COM

Tambang Freeport Dihantam Banjir dan Longsor, 1 Pekerja Hilang

Banjir dan longsor yang melanda tambang Freeport.

 
Papua, (DOC) – Kawasan pertambangan Freeport di Tembagapura, Papua dihantam banjir dan longsor. Selain menyebabkan kerusakan jalan, jembatan, jalur air, dan sebagian besar pembangkit listrik ke Tembagapura dan Hidden Valley, bencana ini juga menyebabkan seorang pekerja Freeport hilang.
Pekerja yang hilang diketahui bekerja di Puncak Jaya Power (PJP). PJP merupakan perusahaan pemasok listrik untuk Tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia.
“Satu dari dua karyawan PJP yang berada di pembangkit listrik saat tanah longsor melanda masih belum diketahui keberadaannya. Petugas penyelamat terus melakukan proses pencarian,” kata VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama, Rabu (16/8/2017).
Riza menambahkan, Freeport terus bekerja untuk memastikan keberadaan seluruh karyawan, termasuk mereka yang kemungkinan sedang tidak bekerja.
“Mereka telah diimbau untuk sebisa mungkin tidak bepergian baik dengan mobil maupun berjalan kaki hingga pemberitahuan selanjutnya. Laporan perkembangan situasi selanjutnya akan diberikan kepada karyawan,” ujarnya.
Sementara operasi tambang Freeport tetap berjalan karena Ridge Camp dan area di atasnya tidak terkena dampak banjir. Pabrik Pengolahan/Mill akan terus berjalan untuk saat ini.
“Namun karena jalur konsentrat terkena imbas longsor, pengolahan hanya dapat beroperasi sampai tangki penyimpanan penuh atau jalur konsentrat tersebut diperbaiki,” kata Riza.
“Kami juga mendampingi masyarakat lokal untuk mengatasi situasi di area tinggalnya, serta akan memberikan bantuan jika diperlukan,” tutupnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga