D-ONENEWS.COM

Terlilit Hutang dan Kebutuhan Hidup, Seorang Pria Nekat Curi Uang di Kotak Amal Masjid

foto: tayangan CCTV masjid

Surabaya,(DOC) – Seorang pria 28 tahun, warga Kepuh Baru Bojonegoro Jawa Timur, Orysta Setyoko(OS) terpaksa diamankan oleh Polsek Rungkut, karena tertangkap kamera CCTV sedang mencuri uang di kotak amal Masjid di Jalan Gunung Anyar Surabaya.

Kejadian tersebut berlangsung pada 2 Oktober lalu, pagi dini hari, waktu sholat Shubuh. Tak tanggung-tanggung, pria yang menyamar sebagai seorang Jemaah untuk menjalankan sholat Shubuh itu, membobol 5(lima) kotak amal sekaligus, dengan mengambil uangnya satu-persatu.

“Pencurian kotak amal dan untuk tersangka OS 28 tahun, warga Bojonegoro. Penangkapan ini juga berkat bantuan CCTV masjid,” ungkap AKP Hendry Ibnu Hindarto, Kapolsek Rungkut Surabaya.

Tersangka ditangkap dirumah kosnya di kawasan Gunung Anyar dan petugas menyita barang bukti berupa dua kotak amal ukuran besar, sarung, linggis kecil dan obeng. Menurut Kapolsek, tersangka kini mendekam ditahanan Mapolsek Rungkut dan dijerat pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Dia(tersangka) melakukan ini sebanyak dua kali serta barang yang kami sita ini berupa kotak amal, linggis untuk mencongkel, jaket dan sarung serta uang di kotak amal,” ujarnya.

Tersangka OS sendiri mengaku nekat mencuri kotak amal masjid lantaran terlilit hutang ke tetangganya sebesar Rp 1,5 juta dan untuk biaya hidup kesehariannya.

“Saya nekat melakukan ini untuk biaya bayar hutang dan sisanya untuk makan. Saya melakukan ini dua kali di masjid Gunung Anyar dan masjid Gunung Anyar Tengah,” katanya.(hadi)

Loading...