D-ONENEWS.COM

Tiga Portal Pasir Hambat Mobil Damkar, Petugas Mengeluh Kesulitan

Lumajang, (DOC) – Beredar viral sebuah video kebakaran di Dusun Karangsari Bulakgempol RT 05 / RW 03 Desa Nguter Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Rabu(17/1/2023) pagi, yang sulit tertangani dengan maksimal.

Hal ini karena mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) yang akan menuju lokasi kebakaran terhambat oleh 3(tiga) Portal Pasir yang terpasang di jalan akses desa. Akibatnya api kian membesar dan kondisinya sempat darurat.

Dalam video yang di terima redaksi d-onenews.com, nampak mobil Damkar terhenti karena terhalang portal. Para petugas Damkar terpaksa berlari ke rumah warga untuk meminta kunci portal jalan, agar mobil Damkar bisa melintas menuju ke lokasi kebakaran.

Menanggapi video tersebut, Agus Hariyoto Kasi Penanggulangan bahaya Kebakaran Pemkab Lumajang menyatakan, keluhannya terhadap portal jalan yang terpasang di sejumah desa. Hal ini sangat menyulitkan petugas Damkar untuk mengendalikan peristiwa kebakaran.

“Untuk melakukan pemadam, mobil Damkar terhambat 3 portal pasir. Di daerah Sememu, Jokarto dan Gesang,” ujar Agus.

Agus mengaku, menuju lokasi kebakaran, petugas Damkar membutuhkan waktu sekitar 37 menit. Sehingga response time nya tidak terpenuhi. “Ini sangat menyayangkan, karena bisa menghambat kinerja petugas dalam memadamkan api,” tandasnya.

Ia meminta kepada pemangku wewenang untuk melakukan evaluasi ulang terkait pemasangan portal pasir, terutama dari sisi manfaat. Memang dalam hal ini ada yang di untungkan dan kurang di untungkan.

“Seperti kami petugas Damkar untuk mengejar waktu, yang mana cepat membantu masyarakat untuk melakukan pemadaman,” imbuhnya.

Agus menjelaskan, petugas Damkar tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 07.05 WIB dan langsung melakukan pembasahan seluruh bangunan dan menjinakkan api di objek yang terbakar.

“Sekitar pukul 09.10 wib api keseluruhan berhasil padamkan. Petugas menggunakan satu mobil Damkar,” katanya.

Kerugian di taksir mencapai lebih dari Rp 150 juta. Dugaan sementara kebakaran akibat konsleting listrik. “Pemilik rumah Item Sayugyo. Tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga