D-ONENEWS.COM

Walikota Gibran Optimis Ekonomi Bakal Pulih di Kwartal Ke Empat

Solo,(DOC) – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (21/5/2021) di sela kegiatan pembubaran Panitia SBS Solo Berbagi di Rumah salah satu pengusaha Surakarta, Gareng S Haryanto,  menyampaikan optimismenya pada kwartal ke empat tahun 2021, percepatan ekonomi bakal memulihkan kegiatan ekonomi dengan gerakan vaksinasi dan penanggulangan Covid 19  yang cepat pada semua kalangan dan penerapan proktokol kesehatan yang ketat di Kota Surakarta.

“Ya harus optimis dong. Pokoknya Covid kita kendalikan dulu, habis itu kita kejar pemulihan ekonominya dengan event – event antara lain Solo Great Sale pada Oktober 2021 untuk memicu percepatan pemulihan ekonomi sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat,” tukas Gibran.

Dijelaskannya pada awak media, ekonomi Kota Surakarta harus ada peningkatan. Jikalau angka Covid semakin menurun, untuk mendukung rekoveri ekonomi, aturan –aturan akan sedikit dilonggarkan supaya aktifitas warga dalam bidang ekonomi semakin meningkat. “Harapannya mobilitas warga masyarakat bisa leluasa untuk mentriger perputaran roda ekonomidi Solo,” ucapnya.

Sementara, Gareng S Haryanto selaku ketua Panitia SBS Solo Berbagi Bulan Ramadhan 1442 H, mengatakan, kagiatan SBS yang awalnya membagikan 8.500 paket sembako pada 8 Mei di Kecamatan Banjarsari dan Jebres. Pada 9 Mei, di kecamatan Pasar Kliwon, Serengan dan laweyan paket sembako yang dibagikan meningkat menjadi 9.200 paket sembako.

“Dana yang kami kumpulkan dari CSR para pengusaha untuk pengadaan peket sembako ternyata ada sisanya sebesar Rp. 75 juta. Kita bersepakat sisa dana kita serhkan dalam bentuk bantuan RTLH untk masyarakat Kota Surakarta. Kami mengarap semoga bisa bermanfaat untuk warga masyarakat Kota Surakarta yang berhak menerimanya,” jelas Gareng.

Pada keempatan tersebut, Walikota Gibran menerima bantuan dana RP. 75 juta secara simbolis dari Ketua Panitia SBS 2021 Gareng S. Haryanto.

Pertemuan dihadiri Wakil Walikota Teguh Prakosa, Sekda Ahyani, Danrem 074 Dedy Supriadi, Kapolres Surakarta Adhe Safri Simanjuntak, Dandim 0735, Bank Indonesia Joko, OJK Eko, Pembina SBS Ahmad Purnomo, Budi, Tanoe, Ketua DPRD Budi Prasetyo, PMS, Tiga Pilar, Rotary, PT KAI PHRI serta Camat dan Kepala OPD jajaran Pemkot Surakarta.

Serahkan Bantuan Mobil Tangki Air ke Korem-074 Warastratama

Dihari yang sama, Jumat(21/5/2021), Wali Kota Gibran juga berkunjung ke Makorem-074 Warastratama Surakarta untuk menyerahkan bantuan 1 unit mobil tangki air. Bantuan itu untuk membantu kegiatan dan keperluan penanganan Covid-19 jajaran Korem-074.

Selain itu, Gibran juga menyerahkan bantuan berupa 2 unit mesin perahu 25 pk, 5.000 lembar masker kain, 5.000 lembar masker anak dan hand sanitiser 50 jerigen.

“Saya berharap sedikit bantuan ini mampu mendorong penanganan Covid 19 dan penerapan prokes 5 M di Kota Surakarta. Dan kita semua bergerak cepat untuk memulihkan ekonomi Surakarta dengan kerja bareng dan gotong royong semua di semua lini,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Komandan Korem (Danrem) 074 Surakarta, Kolonel Dedy Suryadi menyampaikan penghargaannya atas dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, khususnya dalam penangangulangan Covid 19.

“Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dukungan bagi kami dan semoga sinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta semakin erat dalam berbagai bidang,” tandasnya.

Perwakilan BNPB, Rustian ditempat yang sama menandaskan bahwa keselamatan manusia adalah hukum tertinggi dalam keadaan bencana Pandemi Covid-19.

“Dengan kolaborasi pentahelix, Pemerintah Pusat, Daerah sampai ke tingkat RT/RW termasuk TNI dan Polri Di dalamnya bersama – sama untuk penanganan bencana Covid 19 ini,” ucapnya.

Dalam penanganan bencana para akademisi, lanjutnya, sebagai tim pakar dilibatkan dalam penanganan bencana. Dunia usaha juga sangat penting sebagai elemen juga satu kesatuan dalam penananggulangan bencana.

“Komunitas baik berbentuk perorangan maupun lembaga masyarakat, kita kumpulkan karena merupakan satu kekuatan dalam penanganan bencana,” katanya.

Selain itu media juga tak kalah penting dalam memberikan menyearkan informasi sejauh mana progress penanganan Covid 19. “Kolaborasi media sangat membantu agar masyarakat tahu betul apa yang kita kerjakan,” tandasnya.

Diketahui bantuan mobil tangki air dan bantuan lainnya berasal dari Badan Nasional Penananggulangan Bencana untuk Pemerintah Kota Surakarta untuk dipinjam pakaikan ( Mobil Tangki Air ) dan diserahkan pada Korem 074 Warastratama ( bantuan alat – alat Prokes ) supaya dipergunakan maksimal.(r7/hm)

Loading...

baca juga