D-ONENEWS.COM

Puan Maharani Ingatkan Gibran Soal Konsolidasi Pedagang Saat Pembagian Stand Pasar Legi

Solo,(DOC) – Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Solo, Jawa Tengah, untuk menyerahkan bantuan masyarakat dan penukung pertanian, di Balai Kota Surakarta Pendaphi Gede, Sabtu(12/6/2020).

Puan yang nampak didampingi Ketua dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Utut Adianto dan Bambang Wuryanto, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie O.F.P dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, juga meninjau pembangunan Pasar Legi dan pelaksanaan vaksinasi.

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu,  mengawali Kunkernya ke Pasar Legi Solo untuk berdialog dengan warga dan pedagang, sekaligus memantau langsung perekonomian rakyat di masa pandemi.

“Pasar Legi ini sempat terbakar tahun 2018 dan 2020 lalu, progesnya akan selesai dan serah terima pada Oktober 2021 nanti,” ungkap Puan Maharani kepada media, disela peninjauan pembangunan Pasar Legi, yang didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Bersama Forum Pimpinan Daerah.

Dalam kesempatan itu, Puan menjelaskan, bahwa terdapat 2.000 lebih pedagang yang akan menempati Pasar Legi, pasca selesai pembangunannya nanti. Sehingga, dirinya berpesan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mengatur pembagian stand pasar, agar tidak terjadi keributan.

“Tadi saya tanya, Nanti kalau sudah pindah kesini, apakah pedagang sudah dikonsolidasikan agar tidak rebutan dalam menentukan kiosnya dan losnya. Sudah bisa beres. Pak Wali Kota tadi juga mengatakan Pasar ini juga sudah bisa memakai digitalisasi atau cashless,” katanya.

Puan juga menanyakan soal penerapan Protokol Kesehatan saat beroperasinya kembali Pasar Legi nanti, yang masih dalam masa pandemi. Termasuk penyekatan protokol Kesehatan bagi para calon pembeli dari luar kota Surakarta.

“Jawaban Pak Wali, Alhamdulillah semua pedagang sudah di vaksinasi. Lalu saya tanya lagi soal penyekatan protokol Kesehatannya bagaimana, utamanya para pembeli yang dari luar. Hal ini sangat untuk melindungi kesehatan pedagang maupun pembeli,” jelasnya.

Usai berkeliling di Pasar Legi, Puan menuju Balai Kota Solo untuk melihat proses vaksinasi massal dan menyerahkan bantuan untuk masyarakat dan petani.

Pada acara penyerahan paket bantuan ini, Bupati Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo akan mengikuti secara daring. Sementara bantuan alat dan mesin pertanian yang diberikan ke masyarakat adalah sepeda motor roda 3, paket gemar makan ikan, pompa air, bibit ikan dan pakannya, bibit tanaman produktif (alpukat, jambu kristal, klengkeng), dan bantuan lainnya.(jj/r7)

Loading...

baca juga