D-ONENEWS.COM

10 Kali Raih APE, Bukti Jatim Provinsi Ramah Perempuan dan Anak


Surabaya (DOC) – Pembangunan pengarusutaman gender (PUG) di Jatim benar-benar dilakukan secara serius. Berkat keseriusan itu, Jawa Timur berhasil meraih sepuluh kali Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari pemerintah pusat menjadi bukti bahwa provinsi ini sangat ramah terhadap perempuan dan anak.
Jatim adalah provinsi yang rajin mendapat penghargaan, khususnya terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Sebanyak sepuluh kali provinsi mendapat penghargaan APE, bahkan dua diantaranya mendapat kategori tertinggi, yakni APE Kategori Mentor.
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul saat Temu Nasional Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Tahun 2017 yang mengambil tema “Sinergi untuk Perubahan” di Hotel Vasa Surabaya, Senin (28/8/2017).
Gus Ipul, mengatakan, penghargaan APE kategori Mentor merupakan yang tertinggi dari seluruh kategori yang ada. Penghargaan itu diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan berbagai inovasi yang menjadi inspirasi tentang program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara berkesinambungan melalui pengintegrasian isu gender, perlindungan perempuan, serta perlindungan dan pemenuhan hak anak.
“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Bapak Gubernur serta peran seluruh elemen masyarakat dan bupati/walikota se-Jatim di bidang PUG, khususnya untuk mengatasi permasalahan three ends, yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi,” katanya.
Keberhasilan Jatim meraih penghargaan APE didukung pula oleh suksesnya 27 kabupaten/kota di Jatim yang menerima penghargaan kabupaten/kota layak anak (KLA) atas komitmen kepala daerah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam berbagai tingkatan, yakni pratama, madya, nindya dan utama pada tahun 2017. (bah)

Loading...

baca juga