D-ONENEWS.COM

Akhir Tahun ini Perekaman KTP Elektronik Capai 95 %

Jakarta (DOC) – Perekaman data KTP elektronik (KTP-el) secara nasional sudah mencapai 95 persen. Akhir tahun ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan blanko KTP sudah terdistribusi ke seluruh daerah di tanah air.
“Sampai hari ini target pemerintah sudah mencapai 95 persen dari target 184 juta penduduk yang harus mempunyai KTP. Mudah-mudahan akhir tahun sudah terdistribusi semua sehingga yang baru memperoleh surat keterangan bisa dapat fisik KTP,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
Menurut Mendagri, masyarakat yang belum melakukan perekaman data, diminta agar bisa proaktif mendatangi kantor kecamatan dan dinas dukcapil daerah. Sebab, penggunaan identitas kependudukan berbasis NIK kini sudah terintegrasi dengan suluruh instansi pemerintah dan pihak swasta.
“Pemerintah mohon agar masyarakat proaktif mendatangi kantor dukcapil dan kecamatan, bila belum merekam data KTP elektronik,” ujar Tjahjo.
Selain untuk pemutakhiran data kependudukan terintegrasi, KTP elektronik ini, menurut Mendagri, juga untuk kepentingan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019, Pemilihan Presiden (Pillpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg).
“Momentum Pilkada serentak 2018 bisa menjadi uji coba pendayagunaan data KTP untuk pesta demokrasi, sebelum akhirnya digunakan dalam Pemilu serentak 2019,” ulas Tjahjo. (DOC02)

Loading...

baca juga