D-ONENEWS.COM

Banjir Bandang di NTT, Jokowi: Percepat Evakuasi Korban

Jakarta (DOC) – Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya mempercepat evakuasi korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya minta Kepala BNPB, Kepala Basarnas dibantu dengan Panglima TNI dan Kapolri dengan seluruh jajarannya mengerahkan tambahan personel SAR, sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah terdampak termasuk wilayah terisolir dan berbagai gugus pulau di NTT, Pulau Alor, Pulau Patar dan pulau-pulau lainnya untuk melancarkan proses evakuasi pencarian dan penyelamatan korban,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas, dikutip Tempo.co, Selasa (6/4).

Jokowi juga meminta Menteri PUPR mengerahkan alat-alat berat ke berbagai daerah untuk membuka akses jalan. “Jika jalur darat masih sulit ditembus, saya juga minta agar dipercepat pembukaan akses melalui laut maupun udara,” ujarnya.

Banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang menerjang 11 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur pada Ahad lalu. Kondisi terparah terjadi di Kabupaten Flores Timur, Alor, dan Lembata. Daerah lain juga dilanda bencana serupa, seperti Kota Kupang, Kabupaten Malaka Tengah, Ngada, Sumba Timur, Rote Ndao, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, dan Ende.

Sesuai dengan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 21.00 kemarin, tercatat 84 korban meninggal, 15 orang luka-luka, dan 71 orang dinyatakan hilang. Ratusan rumah juga hancur dan hilang diterjang bah. (tc)

Loading...