D-ONENEWS.COM

Batik Bambu Mujur Lumajang Tembus Pasar Eropa

Lumajang,(DOC) – Kualitas Batik Lumajang sudah mulai diakui berbagai kalangan pecinta batik. Tidak hanya masyarakat lokal, corak batik khas Lumajang juga mulai dilirik warga asing khususnya eropa. Salah satu corak batik Lumajang yang sudah go internasional adalah Batik Bambu Mujur.

Dengan corak batik yang menggambarkan potensi alam Desa Sumber Mujur, Batik Bambu Mujur telah beberapa kali di ekspor ke Spanyol, Belanda dan Singapura.

Nurul Huda, salah satu pengerajin Batik Bambu Mujur dari Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro mengatakan dirinya sudah beberapa kali mengirim hasil karyanya tersebut ke Spanyol. Melalui beberapa relasinya yang menetap di Spanyol, Nurul berhasil memasarkan produk batiknya hingga ke negeri matador tersebut.

“Ya alhamdulillah sudah beberapa kali ngirim keluar negeri, singapur pernah, belanda, yang sering ke spanyol,” terangnya.

Menurut Nurul, para pelanggannya tersebut tertarik dengan corak warna yang menggunakan warna alam. Nurul sengaja menggunakan pewarna alami dari tumbuhan disekitar untuk menambahkan kesan menyatu dengan alam, pasalnya corak yang digunakan lebih banyak menggambarkan tentang potensi alam, seperti halnya Bambu, Pisang, Gunung Semeru, dan beberapa potensi alam yang ada di Kabupaten Lumajang.

Nurul Huda mengaku dirinya sudah mulai belajar menekuni batik sejak tahun 2011 melalui kelompok, hingga pada tahun 2016 dirinya memberanikan diri untuk memulai produksinya secara mandiri. Sampai saat ini, produksi batiknya sudah berkembang pesat hingga beberapa kali mengikuti festival batik baik tingkat regional maupun nasional.

Sebagai seorang pengerajin batik home industri, Nurul berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mendukung keberadaan para pengerajin batik lokal, dengan menyelenggarakan pameran batik secara rutin sehingga dirinya bersama rekan sejawatnya bisa memiliki wadah saranan untuk promosi.(imam)

Loading...