D-ONENEWS.COM

Berharap Parpol Bersatu Hadapi Pilwali, Macfud Arifin Juga Rangkul PAN

Foto: Mahcfud Arifin dan Havid Suedi

Surabaya,(DOC) – Setelah merapat ke Partai Gerindra, kini mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (purn) Machfud Arifin menemui para penngurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Surabaya, Senin(13/1/2020) siang.

Pada pertemuan tersebut, Machfud kembali didaulat untuk diusulkan maju Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 ke DPP PAN di Jakarta.

Kepada sejumlah awak media, Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (Jokowi-Ma’ruf) Jawa Timur berharap seluruh Parpol yang tak bisa mengusung calon wali kota (Cawali) sendiri berkoalisi untuk memenangkan Pilwali Surabaya.

Langkah yang dilakukan Machfud ini, terlihat adanya rencana ‘pengeroyokan’ terhadap Partai Pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan.  Meskipun dirinya membantah akan hal itu.

“Saya berharap, semuanya jadi satu. Enggak-lah bukan keroyok PDI Perjuangan,” ujar Mahcfud menyangkalnya, usai  pertemuan dengan pengurus DPC PAN Surabaya, di salah satu rumah makan Mayjend Sungkono Surabaya.

Ia menambahkan, sebenarnya dirinya tidak ada niatan maju dalam Pilwali Kota Surabaya September 2020 nanti. Hanya saja dirinya ditunjuk oleh beberapa partai untuk maju di Pilwali Surabaya.

Kondisi ini seperti dulu, saat dirinya ditunjuk sebagai Ketua TKD Jatim, Pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres tahun 2019 lalu.

“Saya tidak pernah punya pemikiran jadi Wali Kota, enggak. Ini bener-bener enggak ada. Setelah saya jadi Kapolda, saya maunya selesai. Eh enggak tahunya diperintah jadi ketua TKD Jatim. Oke lah ini sebagai kesimpulan pengabdian saja, apalagi saya selama dinas itu ada penilaian positif dari banyak pihak, termasuk pemilihan partai-partai ini kan enggak gampang untuk jadi TKD,” terangnya.

PAN yang memiliki 3 kursi di legislatif, lanjut Machfud, memang belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan Cawali – Cawawali sendiri.

Sehingga dirinya akan merangkul partai lain untuk bisa berkompetisi di Pilwali Surabaya.

Machfud menegaskan, bahwa sebelum pertemuan silahturrohmi dengan PAN, dirinya sudah merapat ke para pengurus partai Gerindra.

“Bukan sekedar PAN. PAN juga termasuk punya suara 3 kursi. Kalau hanya 3 kan gak bisa mengantar. Makanya berkoalisi beberapa,” ungkapnya.

Saat ditanya perihal kesepakatan apa dengan dua partai tersebut, yakni Partai Gerindra dan PAN, Mahfud masih merahasiakan. Bahkan melalui kabar yang tersiar sebelumnya, dirinya juga merapat ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Nanti ada waktunya, saya tidak mau mendahului. Yang pasti pada hari ini saya hanya bersilaturahmi ke PAN. Kemarin Gerindra,” tandasnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kota Surabaya, Hafid Suaidi menjelaskan, Partai berlambang Matahari bersinar terang ini, mendukung penuh Mahfud Arifin di Pilwali.

“Insyaallah PAN Surabaya mendukung Machfud Arifin. Pada intinya kami menunggu penunjukkan dari pusat, DPP. Yang jelas, 2 orang yang mengajukan diri mendaftar ke PAN, Pak Hariyanto dan Pak Machfud Arifin,” tandasnya.

Ia menegaskan, urusan koalisi Parpol pengusung, sepenuhnya akan di serahkan ke masing-masing calon.(robby)

Loading...

baca juga