D-ONENEWS.COM

Cak Thoriq Berharap Intervensi Pemprov Jatim Untuk Dongkrak Potensi Pertanian di Lumajang

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML, meminta Pemprov Jatim turun tangan untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertanian diwilayah Kabupaten Lumajang.

Pernyataan itu disampaikan Bupati, saat menghadiri undangan Serah Terima Jabatan(Sertijab) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih di ruang Rapat DPRD Provinsi Jawa Timur Surabaya, Senin(18/2/2019) pagi.

Cak Thoriq sapaan akrabnya menyatakan, kabupaten Lumajang yang surplus beras, belum mampu meningkatkan perekonomian petani, karena belum memiliki nilai tambah yang tinggi. Itulah sebabnya, pihaknya mendesak Pemprov Jatim melakukan intervensi dengan mencarikan pasar yang lebih luas.

Di sisi lain, Pemprov Jatim diharapkan pula bisa memfasilitasi alih teknologi “package” atau pengemasan guna meningkatkan daya saing dipasaran sehingga mendongkrak pendapatan para petani.

“Saya optimis, Bu Khofifah (Gubernur,red) dan Pak Emil (Wakil Gubernur,red) bisa melakukannya,” ungkap Cak Thoriq.

Apalagi ke depan, lanjut Cak Thoriq, rancangan pembangunan infrastruktur jalan semakin baik, dengan  dibangunnya jalan Tol.  Bahkan, rencana pembangunan jalan Tol tembus Probolinggo menuju Lumajang sudah sampai pada tahap Feasiblity Study (FS) yang memungkinkan makin luasnya jejaring pasar antar daerah di Jawa Timur.

“Masalah yang perlu diselesaikan menurut saya, adalah optimalisasi potensi pertumbuhan yang bisa dijadikan nilai tambah, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah meningkat,” tandasnya.

Intervensi yang diharapkan juga merambah pada sektor-sektor lainnya, bukan hanya pada pasar dan produk unggulan daerah.

“Bisa juga memanfaatkan potensi lokal lain, seperti sektor pariwisata,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga